7 Tips Memilih Ekskul yang Baik dan Tepat untuk Siswa Baru Tahun 2024, Jangan Salah Pilih!

JABAR EKSPRES – Penting bagi siswa baru mengetahui 7 tips berikut untuk memilih ekskul alias ekstrakulikuler yang bagus dan tepat untuk siswa baru.

Memilih ekstrakurikuler yang tepat dapat memberikan banyak manfaat, karena melakukan sesuatu yang sesuai dengan hobi membuat aktivitas tersebut tidak cepat membosankan.

Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diadakan di luar jam pelajaran dan termasuk dalam program sekolah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.

Biasanya, ekstrakurikuler dirancang khusus untuk menyesuaikan dengan minat dan bakat siswa.

Meskipun ekstrakurikuler diadakan di luar jam sekolah, siswa tetap perlu memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat mereka agar dapat menikmati kegiatan tersebut dengan lebih baik.

Tips Memilih Ekskul yang Bagus dan Tepat

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 7 tips memilih ekstrakurikuler yang baik dan tepat untuk siswa baru SMP dan SMA:

1. Perhatikan Minat Kamu

Identifikasi minatmu, apakah dalam bidang seni, olahraga, atau lainnya, untuk membantu menentukan pilihan ekskul yang sesuai.

2. Kenali Ekskul yang Tersedia

Lihat ekskul yang ada dan kenali lebih dalam. Perhatikan apakah ekskul tersebut aktif, bagaimana para anggota di dalamnya, jadwalnya serta sistem latihannya.

3. Dapatkan Informasi dari Kakak Kelas

Cari tahu lebih banyak tentang ekskul yang menarik perhatianmu melalui testimoni kakak kelas yang sudah terlibat. Informasi ini sangat berguna agar kamu tak salah pilih dan bisa sesuai dengan minatmu.

4. Jangan Terpengaruh Teman

Pilih ekskul berdasarkan minat dan keinginanmu sendiri, bukan karena ajakan atau pengaruh teman.

5. Sesuaikan dengan Jadwal Aktivitas Sehari-Hari

Pastikan jadwal ekskul tidak bertabrakan dengan aktivitas harianmu agar tidak mengorbankan waktu belajar atau kegiatan penting lainnya.

6. Hindari Ekskul yang Menurunkan Nilai Akademis

Pilih ekskul yang tidak akan mengganggu atau menurunkan performa akademismu.

7. Fokus pada Satu Ekskul yang Bisa Mengasah Bakatmu

Disarankan untuk tidak mengikuti terlalu banyak ekskul. Lebih baik fokus pada satu ekskul yang benar-benar diminati dan bisa dikembangkan dengan baik.

Itulah 7 tips memilih ekskul yang bagus dan tepat bagi siswa baru di sekolah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan