Sebagai Upaya Peningkatan Sanitasi, Pemkot Cimahi Lakukan Kolaborasi dengan Para Stakeholder

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) menggelar sosialisasi peningkatan permukiman kumuh di Aula Kecamatan Cimahi Selatan, Rabu (17/7/2024).

Kepala DPKP Kota Cimahi, Endang, menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai stakeholder dalam menangani masalah sanitasi dan pemukiman kumuh.

“Kami melaksanakan kegiatan sosialisasi berkaitan dengan penanganan masalah kumuh. Penanganan masalah kumuh ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga harus ada kesadaran dan keterlibatan masyarakat,” ujar Endang pada wartawan.

BACA JUGA:Penanganan Kawasan Kumuh di Kota Cimahi, Pemkot Ajak Masyarakat Terlibat dalam Hal Ini

Menurutnya, kegiatan sosialisasi ini akan dilakukan di seluruh kecamatan di Kota Cimahi.

“Kegiatan sosialisasi ini kami lakukan di seluruh kecamatan yang ada di Kota Cimahi. Besok kami lakukan di Cimahi Utara, kalau Cimahi Tengah sudah kami lakukan,” jelasnya.

Selain itu, Endang juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan berbagai stakeholder, terutama dunia usaha, dalam upaya peningkatan sanitasi ini.

“Kami juga berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, terutama dengan dunia usaha. Untuk pembuatan sanitasi dan pembuatan septic tank individual maupun komunal, kita mendapatkan bantuan dari perbankan seperti BJB dan BRI,” tambahnya.

BACA JUGA:Tagar Justice For Nova Trending di X, Warganet: Tarik Bukunya, Stop Plagiat!

Namun, Endang berharap keterlibatan tidak hanya datang dari sektor perbankan, namun dari sektor industri juga diharapkan dapat turut serta agar upaya peningkatan sanitasi dan penanganan kawasan kumuh ini dapat tercapai.

“Saya berharap tidak hanya perbankan saja yang berpartisipasi, tapi saya harapkan dari industri atau perusahaan yang ada di wilayah Cimahi Selatan,” ungkapnya.

Kemudian, ia menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, dalam menjaga kebersihan lingkungan dan memperbaiki kondisi sanitasi.

“Apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat, lakukan dulu, (nanti) pemerintah juga pasti hadir,” tutup Endang.

BACA JUGA:Jelang Hari Ulang Tahun ke-79 RI, Bendera Merah Putih Raksasa Terbentang di Puncak Lembah Pejamben Kota Banjar

Sebelumnya, Kepala DP3AP2KB, Fitriani Manan, menekankan bahwa pentingnya sanitasi yang baik di setiap rumah tangga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan