Rancatiis Batujajar Didapuk Jadi Kampung Pengawasan Partisipatif Oleh Bawaslu KBB

JABAR EKSPRES – Masyarakat Kampung Rancatiis, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) didapuk menjadi Kampung Pengawasan Partisipatif oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) KBB, Rabu (17/7/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Barat, Riza Nasrul Falah Sopandi menerangkan, dipilihnya Desa Galanggang sebagai Kampung Pengawasan Partisipatif lantaran antusias warganya tinggi dalam setiap agenda perhelatan pemilihan umum ataupun pemilihan kepala daerah.

Launching kampung partisipatif ini sudah dilaksanakan secara serentak di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Untuk KBB, Kampung Rancatiis, Desa Galanggang yang terpilih,” kata Riza saat dihubungi, Rabu (17/7/2024).

BACA JUGA:1.600 Ton Per Hari, Sampah di Kota Bandung Terus Menurun?

Menurutnya, keberadaan Kampung Partisipatif ini bertujuan untuk mengajak dan mengingatkan masyarakat agar turut berpartisipasi pada Pilkada KBB yang bakal digelar pada 27 November 2024 mendatang. Termasuk mulai melakukan pengawasan pada setiap tahapannya.

Hal tersebut merupakan ikhtiar dari Bawaslu KBB untuk menarik masyarakat agar lebih aware atau peduli pada gelaran Pilkada Serentak 2024. Sehingga pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar serta Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat bisa berjalan tanpa ada kecurangan.

“Pertimbangan dipilihnya Kampung Rancatiis RW 05, Desa Galanggang sebagai Kampung Pengawasan Partisipatif karena warganya sangat peduli dalam setiap agenda kepemiluan,” paparnya.

Menurutnya, hal itu dibuktikan dengan keaktifan warga yang menyampaikan banyak pertanyaan terkait dengan persoalan tahapan Pilkada yang terjadi di KBB. Masyarakatnya begitu melek Pemilu, mereka aktif bertanya banyak hal soal Pilkada.

BACA JUGA:PT BIJB Bangkit dari Mati Suri Tapi Belum Bisa Setor Dividen, Punya Beban Utang Rp 2 Triliun

“Seperti persoalan coklit hingga masalah verifikasi faktual bacalon Bupati Bandung Barat dari jalur perseorangan,” katanya.

Selain itu, Kampung Rancatiis, Desa Galanggang secara geografis berada di kawasan militer dalam hal ini Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus atau disingkat (Pusdiklatpassus) Batujajar serta masyarakatnya yang dikenal guyub.

“Berbicara pemilihan tentunya kita mencari lingkungan masyarakat yang representatif dan masyarakat di Desa Galanggang menjadi salah satu yang aware terhadap pemilihan. Bahkan tak hanya Pemilu 2024 lalu, saat Pilkades partisipasi masyarakat di sini mencapai 83 persen,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan