Dua Kelurahan di Cimahi Selatan Masih Kumuh, Sosialisasi Penanganan Perlu Ditingkatkan

CIMAHI, JABAR EKSPRESS – Meskipun berbagai upaya telah dilakukan, dua kelurahan di Kecamatan Cimahi Selatan, yakni Melong dan Utama, masih menghadapi masalah lingkungan kumuh.

Camat Cimahi Selatan, Ceppy Rustiawan, tekankan perlunya meningkatkan sosialisasi penanganan kawasan kumuh agar wilayah tersebut dapat menjadi lebih bersih dan nyaman.

“Di Kecamatan Cimahi Selatan, yang paling didahulukan dalam penanganan kumuh ini adalah Kelurahan Melong dan Utama. Karena di dua kelurahan tersebut, kawasan industri dan banyak kontrakan sangat mendominasi,” ujar Ceppy pada wartawan, Rabu 17 Juli 2024.

BACA JUGA: PPDB 2024: Disdik Jabar Temukan 51 Siswa Baru di Depok Lakukan Pencucian Rapor

Ceppy menjelaskan, pola pemberdayaan yang dilaksanakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) merupakan langkah yang sangat baik dalam menangani masalah ini.

“Lingkungan kumuh dengan pola pemberdayaan ini dilaksanakan oleh DPKP. Ini merupakan hal yang baik karena di Cimahi Selatan ini rata-rata di hampir 2-3 kelurahan merupakan kawasan lingkungan kumuh,” jelasnya.

Penanganan lingkungan kumuh ini dilakukan dengan kolaborasi antara masyarakat, tokoh masyarakat, dan pemerintah.

BACA JUGA: Dari 20 Sasaran, Ada 4 Titik Lokasi yang Jadi Prioritas Operasi Zebra di Kota Bandung

“Ada kolaborasi dengan masyarakat, tokoh masyarakat, dan pemerintah dalam penanganan lingkungan kumuh. Penanganan kumuh ini tetap berupaya masyarakat dan pemerintah ada di tengah-tengah masyarakat untuk penanganan kumuh,” kata Ceppy.

Ia juga menekankan pentingnya penanganan komperhensif yang tidak hanya fokus pada lingkungan kumuh, tetapi juga pada aspek kesehatan yang terdampak oleh kondisi tersebut.

“Dalam penanganannya harus dilaksanakan secara komprehensif, baik dalam penanganan kumuh maupun dalam kesehatan dampak dari lingkungan kumuh,” tambahnya.

BACA JUGA: Dapatkan Link Dana Kaget Gratis Rp700.000 dari Program Prakerja Gelombang 70, Klaim Sekarang!

Ceppy menegaskan, sosialisasi adalah kunci dalam penanganan kumuh untuk mencapai tujuan menjadikan Cimahi lebih cantik dan masyarakatnya lebih sehat.

“Sosialisasi ini sangat penting untuk penanganan kumuh. Untuk menuju Cimahi Campernik, Cimahi cantik dan masyarakat sehat nyaman dalam lingkungannya,” jelasnya.

Ceppy mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi dalam upaya penanganan kawasan kumuh di wilayahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan