Sampai Kapan Operasi Zebra Lodaya 2024 Berlangsung? Berikut Info Resmi dari Polda Jabar

JABAR EKSPRES – Warga masyarakat Jawa Barat harus bersiap jika akan melintasi berbagai ruas jalan dan menemukan banyak polisi. Karena Polda Jabar sedang menggelar Operasi Zebra Lodaya 2024.

Operasi Zebra Lodaya 2024 serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia, termasuk di kabupaten dan Kota yang berada di wilayah hukum Polda Jabar.

Dilansir dari website resmi Polda JABAR, Tribratanews.jabar diketahui bahwa operasi ini dijadwalkan akan berlangsung selama 2 pekan, yakni mulai dari Senin 15 Juli 2024 atau hari ini hingga 28 Juli 2024 mendatang.

Baca juga : Titik Lokasi Operasi Patuh Jaya 2024 di Jadetabek dan Jenis Pelanggaran yang Diincar

“Ops Patuh Lodaya 2024 ini akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia yaitu selama 14 hari yang digelar mulai hari ini 15 Juli – 28 Juli 2024,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Lebih lanjut Dia mejelaskan, tujuan operasi adalah untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas korban kecelakaan serta untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang tentunya berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas baik sebelum pada saat maupun setelah Operasi Patuh Lodaya 2024,” katanya.

Dengan 11 jenis pelanggaran yang menjadi sasaran operasi, diantaranya:

1. Melawan arus,
2. Tidak menggunakan helm,
3. Mengemudi di bawah umur,
4. Melanggar rambu/apil,
5. Mengemudi di luar batas kecepatan,
6. Menggunakan hp/ sambil merokok saat berkendara,
7. Tidak menggunakan safety belt,
8. Kendaraan R4 atau lebih over dimensi atau over load,
9. Plat nomor tidak sesuai TNKB,
10. Knalpot yang tidak sesuai spektek, dan
11. Kendaraan tidak layak jalan.

Baca juga : Operasi Zebra di Bandung Mulai Hari Ini, Berikut Pelanggaran yang Diincar

Adapun tema yang diangkat pada Operasi Patuh Lodaya 2024 ini, yakni Tertib Berlalu Lintas Demi Mewujudkan Indonesia Emas 2024.

Sebanyak 2.012 personel terdiri dari polda Jawa Barat 520 personel dan Polres jajaran Jawa Barat 1.492 personel yang dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2024 ini.

“Pelaksanaan Operasi mengedepankan tindakan preventif, prehemtif, dan penegakan hukum lalu lintas dengan menggunakan ETLE statis dan ETLE mobile serta ETLE handheld,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan