Disdik Kota Bandung Beberkan Pentingnya MPLS: Dapat Cegah ‘Dosa’ Pendidikan

JABAR EKSPRES  – Hari pertama masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di Kota Bandung baru saja berlangsung.  Senin, 15 Juli 2024.  MPLS dinilai menjadi modal utama bagi peserta didik sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.

Hal tersebut diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung, Tantan Syurya Santana. Menurutnya, MPLS berguna bagi para peserta didik baru lebih mengenal lebih dulu tempat-tempat di sekolah.

“Agar mereka mengenal dulu lingkungan sekolahnya, siapa gurunya, siapa temannya, dimana tempat perpustakaan, ruang guru, mushola, toilet, mereka mengenal terlebih dahulu lingkungan di sekolahnya,” kata Tantan kepada wartawan, di SMPN 2 Kota Bandung, Senin (15/7).

Selain itu, dirinya membeberkan poin lain terkait kegunaan MPLS tersebut. Seperti halnya membuat para peserta didik baru mulai berinteraksi dengan teman-teman baru.

“Ketiga, MPLS ini adalah untuk menggali potensi minat bakat dari masing-masing siswa, biasanya sekolah memberikan formulir minat bakat dan cita-cita seperti apa nanti minat bakan tersebut akan dikembangkan sesuai dengan minat bakatnya,” bebernya.

Tantan melanjutkan, masa pengenalan itupun bakal melatih kemandirian para siswa baru untuk lebih mengetahui perihal lingkungan sekolah barunya maupun antar siswa baru lainnya.

“Kadang-kadang kan apalagi SD ini belum terbiasa sekolah, ini melatih kemandirian bagaimana ke WC sendiri nanti kan akan dibina dan dibimbing, termasuk SMP,” lanjutnya.

Dirinya menambahkan, poin kelima perihal pentingnya MPLS itu, yakni dapat melatih pola pikir yang positif selama di sekolah maupun di luar sekolah. Hal tersebut pula dapat menghindarkan timbulnya ‘dosa-dosa’ pendidikan.

“Dengan berpikir positif ini karakter-karakter mereka bagus, mudah-mudahan tidak ada dosa besar pendidikan yakni bullying, perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi. Ini lebih mengedepankan emosional di samping intelektual,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan