Sampai Kapan Status Verifikasi KJP Tahap 1 Gelombang 2? Warganet: Sekolah Sudah Masuk, KJP Belum Turun

JABAR EKSPRES – Masyarakat penerima manfaat KJP atau Kartu Jakarta Pintar masih menunggu penyelesaian proses verifikasi tahap 1 gelombang 2 agar dana tersebut dapat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan awal masuk sekolah.

Beberapa dari mereka telah mengungkapkan keluhannya di kolom komentar akun Instagram @disdikdki, di mana status bantuan KJP mereka masih dalam tahap verifikasi.

Seperti yang diketahui, KJP Plus diberikan khusus untuk warga DKI Jakarta guna memastikan akses pendidikan wajib selama 12 tahun bagi peserta didik berusia 6-21 tahun dari keluarga kurang mampu.

Pada tahap 1 gelombang 1, dana KJP Plus untuk Mei dan Juni telah dicairkan pada tanggal 13 Juni 2024 kepada 460.143 penerima.

Sementara itu, pencairan tahap 1 gelombang 2 untuk 130.101 penerima masih dalam proses verifikasi akhir.

Proses verifikasi ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa penerima benar-benar merupakan warga DKI Jakarta dari golongan tidak mampu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saat ini Dinas Pendidikan DKI Jakarta masih melakukan verifikasi akhir. InshaAllah minggu depan selesai,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaluddin, Jumat (5/7/2024) dikutip dari Antara.

BACA JUGA: Berapa Lama Proses Verifikasi KJP Tahap 1 Gelombang 2? Cek Rencana Pencairannya

Penerima manfaat khawatir karena mereka sudah memasuki awal masuk kegiatan sekolah.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @jakdisdiktv, hari pertama masuk sekolah untuk semester 1 (ganjil) sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Nomor E-0022 Tahun 2024 telah dimulai sejak tanggal 8 hingga 10 Juli 2024.

Sementara itu, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 11 hingga 19 Juli 2024.

Berikut beberapa komentar warganet soal KJP tahap 1 gelombang 2 di Instagram @disdikdki.

Komentar Warganet mengenai KJP Tahap 1 Gelombang 2

“Sekolah udh masuk kjp belum turun turun juga ini gimana mau beli alat alat sekolah 😢,”  tulis akun @hey*** di kolom komentar Instagram @disdikdki.

“KJP kapan cair min yg verifikasi,” tanya akun @ben***.

“KJP masih diverifikasi aja nih min,” kata akun @lan***.

“Info KJP min yg masih dalam proses verifikasi udah nunggu 3 bulan kgk ada keterangan apapun, tolong di percepat untuk gelombang kedua KJP, kami penerima kjp juga membutuhkan untuk kebutuhan yg lain terutama buat sekolah beli barang-barang yg sekitaranya harus di beli,”  tulis @far***.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan