Geliat Ekonomi Asia Africa Festival, Pemkot Bandung Sebut Capai Puluhan Miliar

JABAR EKSPRES – Gelaran Asia AfricaFestival 2024 lalu, mendatangkan puluhan miliar bagi geliat ekonomi di Kota Bandung. Hal tersebut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) berdasarkan hajat yang berlangsung selama dua hari itu.

Kendati demikian, Sekretaris Disbudpar Kota Bandung, Nuzrul Irwan Irawan menilai, momen Asia Africa Festival bertambah meriah lantaran bersamaan dengan momentum libur sekolah.

Lantas menurut, pada 6-7 Juli 2024 kemarin, hasil dari gelaran tersebut bersamaan dengan libur panjang, membawa peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Kota Bandung.

BACA JUGA: Fenomena Maraknya Judi Online, Pj Bupati Sumedang Sebut ASN di Bawah Pimpinannya Tak Terlibat

“Kombinasi libur sekolah dan festival internasional cenderung menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah, bahkan negara lain,” kata Nuzrul Irwan Irawan, Rabu (10/7).

“Jumat-Sabtu-Minggu bisa meningkat drastis, mencapai ratusan ribu pengunjung per hari. Berdasarkan pantauan kami, selama 2 hari berlangsung ada 178.242 pengunjung ke Asia Africa Festival dan Asia Africa Corner,” sambungnya.

Dia menambahkan, ada banyak wisatawan yang akan menginap lebih lama dan menghabiskan lebih banyak uang di Kota Bandung. Rata-rata, lama menginap para wisatawan selama 2-3 hari pada libur sekolah ini.

BACA JUGA: BRI Jalin Kerja Sama dengan Manulife Indonesia untuk Permudah Pembayaran Premi Asuransi 

Menurut prediksinya angka perputaran ekonomi di Kota Bandung cukup fantastis yakni senilai Rp80.208.900.000. Hal ini tentu berbeda dengan libur biasa yang hanya 1-2 hari saja.

Dirinya menjelaskan, pengeluaran rata-rata wisatawan selama kunjungan berdasarkan hasil exit survey kemarin untuk transportasi, hiburan, makanan minuman termasuk cemilan, kerajinan atau aksesoris di luar penginapan adalah Rp450.000.

“Sementara dari pantauan kami rata-rata harga hotel pada 2 hari kemarin adalah Rp750.000 (Bintang 3-4). Maka diprediksi perputaran ekonominya adalah Rp80.208.900.000. Itu di luar penginapan,” pungkasnya.

BACA JUGA: PLN Diminta Segera Realisasikan Perbaikan Jalan Raya Rongga-Bojongsalam

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan