Kegiatan Bakti Sosial Buana Manceur Terapi Gusmus Raksa Jasad di Kampung Sempurnunggal Purwakarta

JABAR EKSPRES – Gusmus Raksa Jasad merupakan terapi kesehatan tradisional asli Indonesia yang bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam upaya peningkatan kompetensi setiap Pelaku Jasa Terapi Kesehatan Tradisional Gusmus Raksa Jasad didorong melalui pelatihan berbasis kompetensi, yakni pendekatan pelatihan yang lebih spesifik dan terukur.

Peserta pelatihan dapat diukur kemampuannya terkait pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawab pekerjaan sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

BACA JUGA: Daftar Kartu Prakerja Gelombang 70 Ditutup Hari ini, Segera Login prakerja.go.id

Agus Muslim sebagai pendiri dari Gusmus Raksa Jasad (GMRJ) memulai karir sebagai penyehat tradisional sejak tahun 1997.

Agus Muslim sebagai pewaris dari keilmuan tradisi penyehat tradisional yang berasal dari kearifan lokal Kerajaan Sumedang Larang.

Beliau berjuang supaya warisan budaya bangsa dalam bentuk keterampilan penyehat tradisional ini tidak punah dan dapat sejajar dengan keilmuan Kesehatan Tradisional lain.

BACA JUGA: Berlaku Mulai Juli 2024, Tiket Masuk Taman Safari Bogor Dibagi Dua Klaster, Cek Info Lengkapnya Disini!

Perjuangan beliau telah menghasilkan satu bentuk pengakuan dari pemerintah yaitu dengan diakuinya Perkumpulan Gusmus Raksa Jasad sebagai salah satu perkumpulan penyehat tradisional yang dapat memberikan STPT yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia melalui Dirjen Pelayanan Kesehatan Tradisional.

Selain berupa pengakukan praktek pelayanan kesehatan tradisional, Agus Muslim juga sudah menerapkan prinsip-prinsip keilmuan keterampilan penyehat tradisional ini dalam bentuk Standar Kompetensi Kerja Khusus (SKKK) dan sudah teregistrasi di Dirjen Binalattar Kemnaker RI.

PGRJ adalah wadah profesi terapis yang bertugas menaungi setiap anggota dalam hal legal formal seperti pemberian rekomendasi dan juga yang berkaitan dengan kompetensi terapis (PKP) yang berkoordinasi langsung dengan Tim Pendidikan dan Pelatihan GMRJ.

BACA JUGA: Digitalisasi Keuangan Menjadi Peluang Emas bagi Pengusaha Ultra Mikro

PGRJ (Perkumpulan Gusmus Raksa Jasad) terdiri dari kepengurusan DPP (Pusat) – DPD (Daerah) – DPC (Cabang) di seluruh Indonesia.

Buana Manceur sebagai Subtikor dari Dangiang Raga Waluya dan Koordinat Dipatiukur mengadakan Bakti Sosial di Wilayah Kampung Sempurnunggal Desa Linggasari Kabupaten Purwakarta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan