Demi Tingkatkan Pemahaman Pancasila di Kalangan Content Creator, BPIP Gelar Program “For Your Pancasila” di Pendopo Kota Bandung

JABAR EKSPRES – Dalam upaya mendukung arahan Presiden Republik Indonesia untuk memperkuat pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengadakan program inovatif bertajuk “For Your Pancasila”.

Acara ini digelar di Pendopo Kota Bandung pada Rabu, 26 Juni 2024, dengan tema “Napak Tilas Sejarah Perjuangan di Bandung”.

Program ini dihadiri oleh 250 content creator yang bertujuan memperkuat pemahaman dan penerapan nilai-nilai luhur Pancasila melalui metode pembelajaran yang aktif dan kreatif.

Salah satu acara utama dalam program ini adalah Gelar Wicara yang menghadirkan narasumber inspiratif seperti Deris Nagara (Motivator dan Pegiat Media Sosial), Kevin Lilliana (Puteri Indonesia 2017), dan Antonius Benny Susetyo (Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP).

Peran Penting Content Creator dalam Sosialisasi Pancasila

Mahran Marbawi, Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat dan Administrasi BPIP, menegaskan pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam diri generasi muda melalui konten kreatif di media sosial.

Menurutnya, peran content creator sangat krusial dalam mengedukasi sesama generasi muda mengenai Pancasila.

“Saat ini hampir seluruh kegiatan kita tak lepas dari gadget dan media sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan peran para content creator untuk mengedukasi sesama generasi muda tentang pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Diharapkan para content creator ini dapat menyisipkan nilai-nilai ideologi Pancasila dalam konten kreatif, inovatif, dan mencerahkan,” ujar Mahran.

Selain Gelar Wicara, program ini juga menyajikan bimbingan teknis terkait produksi konten kreatif yang mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, kegiatan “Pancasila Dalam Tindakan”, pengarahan umum terkait lomba video pendek dan jambore pegiat media sosial nasional 2024.

Acara ini juga mencakup pengumuman pemenang konten terbaik dan peserta terpilih (70 orang) yang akan mengikuti “Napak Tilas Jejak Sejarah Perjuangan di Kota Bandung”.

Kegiatan napak tilas akan dilaksanakan pada Kamis, 27 Juni 2024, dengan mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah di Bandung seperti:

  1. Gedung Indonesia Menggugat
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Gedung Merdeka
  4. Museum Mandala Wangsit Siliwangi
  5. Gedung Sate
  6. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat
  7. Monumen Pahlawan Pandemi

Menginspirasi dengan Nilai Pancasila

Deris Nagara, Motivator dan peraih Campbell Award 2024, menyampaikan bahwa nilai Pancasila seperti Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Sunda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan