Kata Pengamat Ekonomi Soal Mangkraknya Revitalisasi Pasar Cihaurgeulis

JABAR EKSPRES – Akademisi sekaligus Pengamat Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia, Adib Sultan menyoroti soal mangkraknya revitalisasi Pasar Cihaurgeulis, Kota Bandung.

Diketahui, proyek yang molor sejak tahun 2017 tersebut belum juga rampung hingga saat ini.

Bahkan salah satu pedagang Pasar Cihaurgeulis, Euis menyebut, kondisi gedung yang saat ini ditempati sangat memprihatinkan. Hal tersebut terlihat dari keroposnya lantai hingga terdapat beberapa lubangan.

BACA JUGA: ADV Riders Bandung Gelar Satmori ke Pantai Sayang Heulang Garut

Menanggapi hal ini, Adib mempertanyakan keberpihakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kepada para pedagang Pasar Cihaurgeulis.

Menurutnya, selain sudah pastinya Pemkot kehilangan sebagai pendapatan daerahnya, pemasukan pedagang pun bakal semakin menyusut imbas ke khawatiran pembeli pada kondisi pasar Cihaurgeulis.

“Kalau secara ekonomi sudah pasti Pendapatan daerahnya bakal berkurang. Bahkan berpotensi hilangnya kesempatan memperoleh pendapatan daerah akibat mangkraknya revitalisasi pasar,” katanya.

BACA JUGA: Jangan PANIK, Lakukan Hal Ini Jika Merasa Jadi Korban Aplikasi MSL APP yang SCAM

“Karena dengan kondisi yang diceritakan tadi, bakal berefek pada menurunnya kedatangan para pembeli. Ketakutan-ketakutan muncul entah di benak pembeli atau pedagang. Dampak yang dikhawatirkan mulai sedikit-sedikit meninggalkan (Pasar Cihaurgeulis,” ujarnya Rabu (26/6).

Dirinya menyarankan agar Pemkot Bandung segera menyelesaikan proyek revitalisasi gedung baru di Pasar Cihaurgeulis. Hal tersebut dimaksudkan agar kesempatan memperoleh pendapatan daerah akan jauh lebih besar.

Terlebih, ongkos yang dikeluarkan guna revitalisasi Pasar Cihaurgeulis menelan APBD sebesar Rp 29,5 miliar. Maka dari itu, Pemkot Bandung perlu menaruh keseriusan pada permasalahan tersebut.

BACA JUGA: Ini 4 Pemeran Baru Film One Piece versi Live Action, Salah Satunya David Dastmalchian

“Win-win solution nya ya dilanjutkan, Pemkot dapat kesempatan dari segi pendapatan daerahnya, entah dari cost sewa pedagang, dan lain-lain. Pedagang pun terimbas dari modernisasi pasarnya, ini kan bakal menarik kedatangan pembeli,” ucapnya.

“Jadi udah seharusnya pemkot menaruh fokus perhatian pada proyek revitalisasi ini. Saya liat banyak peluang yang bakal dihasilkan dari segi ekonomi apabila proyek ini rampung,” pungkasnya. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan