Pasangan Calon Independen Pilkada KBB Sundaya-Aa Maulana Lolos Vermin

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB), menyatakan bakal calon dan wakil bupati Bandung Barat dari jalur independen, Sundaya-Aa Maulana, lolos tahapan verifikasi administrasi (Vermin).

Ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman mengatakan, seusai lolos Vermin, Komisi Pemilihan Umum Bandung Barat, akan melakukan tahapan verifikasi faktual syarat dukungan melalui metode sensus.

“Jalur independen Vermin sudah selesai, dan hasilnya memenuhi persyaratan,” kata Ripqi saat dikonfirmasi, Senin (24/6/2024).

BACA JUGA: Proyek Pembangunan Saluran Irigasi Milik UPT Pengairan Ciawi Dipertanyakan, Kades: Tidak Ada Koordinasi

Sebelumnya, pasangan Sundaya-Aa Maulana menyetor syarat dukungan ke KPU Bandung Barat sebanyak 94.837 orang di Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Menurut Ripqi, jumlah tersebut akan menjadi rujukan KPU dalam melakukan verifikasi faktual.

“Kemarin ada perbaikan dan diakumulasikan ternyata jumlahnya melebihi yang disyaratkan. Jumlahnya kurang lebih 94.837 dari vermin pertama dan perbaikan,” katanya.

Diketahui untuk lolos dalam pertarungan di Pilkada KBB, pasangan dari jalur perseorangan yang mendaftar lewat jalur non partai yakni sebanyak 85.662 dukungan itu atau 6,5 persen dari jumlah penduduk terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

BACA JUGA: PPDB 2024: Disdik Jabar Anulir 94 Calon Siswa Baru di SMAN 3 dan 5 Bandung

Untuk memastikan jumlah dukungan tersebut, KPU melakukan berbagai tahapan seperti verifikasi administrasi.

Dalam tahapan ini KPU akan mencocokan dan meneliti berdasarkan nomor induk kependudukan, nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, dan alamat dengan bedasarkan pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Ripqi mengatakan selanjutnya pihaknya melakukan tahapan verifikasi faktual dimulai pada Jumat (21/6/2024). Dalam tahapan ini, pihaknya akan menggunakan metode sensus terhadap semua data dukungan yang sebelumnya lolos verifikasi administrasi.

“Kita akan laksanakan verfak mulai tanggal 21 Juni. Sensus by name by address per data dukunngan,” katanya.

BACA JUGA: Sinopsis Film The Fast and the Furious, Ketika Polisi Menyamar sebagai Pembalap Jalanan

Ia menambahkan, dalam melakukan Vermin ini, KPU Kabupaten Bandung Barat akan melibatkan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada KBB 2024 yang sebelumnya sudah dilakukan pelantikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan