Ragasa, Sapi Presiden Jokowi Disembelih Hari Ini

JABAR EKSPRES  — Hewan kurban yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi), baru saja disembelih pada Selasa (18/6) hari ini. Sapi bernama Ragasa itu, disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Cirangrang, Jalan Raya Kopo, Kota Bandung.

Hal tersebut dikonfirmasi Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Jawa Barat, Drh Supriyanto. Menurutnya sapi yang sudah berusia lima tahun itu, dinyatakan dalam kondisi sehat dan telah melalui proses seleksi panjang.

“Proses seleksi dari teman-teman Kementerian, Provinsi, dan Setpres. Kebetulan tahun ini terpilih dari Kota Bandung, peternak Cibiru. Sapi simental, bobot 1.13 ton,” kata Supriyanto saat dikonfirmasi Selasa (18/6).

Dia menambahkan, Ragasa merupakan sapi terbaik yang ada di Jawa Barat, berasal dari Kota Bandung. Sekitar pukul 09.45 WIB, Ragasa datang dibawa dengan sebuah mobil pick up. Saat diturunkan dari mobil, katanya, Ragasa sempat memberontak.

Meskipun kakinya tidak begitu panjang, dengan tubuh begitu besar, terlihat dua kali lipat dari ukuran sapi-sapi biasanya. Tubuhnya berwarna coklat kemerahan, kepalanya berwarna putih, yang menandakan bahwa ini adalah jenis sapi Simental.

Dia menjelaskan, sekitar enam orang petugas berusaha mengikatnya agar bisa dibaringkan. Untung, Ragasa tak banyak memberontak. Siang itu, potongan daging sapi dibagikan ke warga sekitar Masjid Raya Kota Bandung.

Setelah daging sapi disembelih, pemotongan dan pembungkusan akan dilakukan di RPH Cirangrang demi menjaga kualitas kesehatan daging sapi mentahnya.

Adapun teknis distribusi, akan dibagikan terlebih dahulu ke mudhohi (yang berkurban), kemudian untuk jaringan jamaah Masjid Raya Kota Bandung, dan kepada warga sekitar.

“Setiap wilayah mulanya mengusulkan kurban untuk Pak Jokowi, setelah diperiksa semuanya tes lab, cek kesehatan, dinyatakan layak dan jadi sapi terbaik di wilayah ini,” pungkasnya.

Writer: Muhammad Nizar

Tinggalkan Balasan