Kronologi Video Viral Sejumlah Warga Geruduk Kediaman Seseorang dan Buang Sampah di Halaman Rumahnya

JABAR EKSPRES – Viral video yang menampilkan sekelompok orang membawa kumpulan sampah dalam karung, kemudian dikeluarkan di halaman rumah warga.

Video tersebut diunggah akun media sosial Tiktok bernama @Zenkyprayudan, sehingga menimbulkan reaksi warga net dengan komentar positif.

Pasalnya, dalam unggahan video terlihat pemilik rumah dikagetkan oleh kedatangan sekelompok orang, dengan narasi bahwa warga tersebut telah membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA: Emak-Emak Ini Potong Sapi Kurban Tanpa Bantuan Kaum Pria

Hermawan alias Zenk, salah seorang yang ikut dalam aksi tersebut mengatakan, alasan sejumlah warga melakukan hal tersebut, karena kesal melihat wilayah mereka selalu menjadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar.

“Itu lokasi TPS liarnya di RW03, itu jadi titik pembuangan sampah liar,” katanya melalui seluler, Selasa (18/6).

Aksi tersebut diketahui dilakukan oleh warga Dusun Banyumukti, RT05 RW03, Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

BACA JUGA: Idul Adha 2024, PWI Kota Bogor Sembelih 2 Ekor Kambing

Hermawan menerangkan, lokasi yang kerap dijadikan TPS liar bukan kali pertama terjadi. Bahkan warga telah berupaya membersihkan hingga memasang papan tulisan dilarang buang sampah.

“Di situ, misalkan ada 5 atau 6 kantong plastik kita bakar saja atau dibuang ke TPS ‘kan. Eh baru beberapa saat udah ada lagi besoknya, kesel juga kan,” terangnya.

Lantaran sudah bertahun-tahun kerap dijadikan TPS liar, akhirnya warga sepakat untuk memasang spanduk di lokasi tersebut.

BACA JUGA: Diterjang Puting Beliung, 41 Rumah di Bandung Barat Rusak

Isi spanduk itu, ucap Hermawan, berisi sanksi sosial jika kedapatan ada orang yang buang sampah di sana.

“Kebetulan, sehari sebelum Idul Adha, tepatnya Minggu (16 Juni 2024) warga melakukan kerja bakti di lokasi tersebut, saat itu di titik TPS liat sudah terdapat tumpukan sampah,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Zenk itu menjelaskan, sampah liar yang berserakan dan menumpuk pun diangkut warga ke gerobak saat bekerja bakti.

BACA JUGA: Beberapa Komoditi Pangan Melonjak Naik Jelang Idul Adha, Pedagang : Barangnya Sempat Kosong

“Lantaran penasaran, akhirnya saya meminta salah seorang warga untuk membuka salah satu kantong plastik sampah,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan