Pemda Bandung Barat Distribusikan Ribuan Kantong Daging Kurban

JABAR EKSPRES – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melangsungkan pemotongan puluhan hewan kurban yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Rumah Potong Hewan (RPH) Bandung Barat, Senin (17/6/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Ade Zakir mengatakan, sebanyak 26 hewan terdiri dari 3 ekor sapi, dan 23 kambing itu merupakan sumbangan ASN dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) KBB yang dititipkan ke DKM Ash-Shidiq.

“Alhamdulillah, semua dipotong di RPH Cikamuning, nanti sudah turun daging dibawa ke sini (Masjid Ash Shidiq) untuk dikemas dan disebarkan,” ujar Ade Zakir saat ditemui di RPH Bandung Barat, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang.

BACA JUGA:Usai Dilantik, Pj Bupati KBB Akui Siap Tancap Gas Selesaikan Sejumlah Persoalan

Menurutnya, hewan kurban usai dipotong di RPH akan terlebih dahulu didistribusikan ke masyarakat sekitar terlebih dahulu.

“Yang pertama nanti akan kita bagikan ke warga sekitar. Sisanya mungkin nanti kita akan nunggu di kecamatan mana nanti yang kurang. Mungkin fungsi pemerintah di sini harus menyeimbangkan semua harus dapat,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemotongan hewan kurban pun akan dilanjutkan di hari kedua hari raya Idul Adha yang dilaksanakan di lokasi warga terdampak bencana di Kecamatan Cipongkor.

“Nah untuk lokasi bencana, kita dapat bantuan 7 ekor sapi dan pelaksanaan penyembelihannya besok di Kecamatan Cipongkor,” tambahnya.

BACA JUGA:Bey Machmudin Salat Idul Adha dan Kurban di Jayagiri Lembang, Kampung Padat di Balik Bukit

“Sekarang juga sedang dipersiapkan, sapinya sudah datang. Jadi khusus untuk yang korban bencana kurang lebih 700 orang itu nanti disamping kita membagikan daging kurban akan ditambah dengan sembako,” imbuhnya.

Ia menegaskan, momentum Idul Adha merupakan momen ibadah yang tidak hanya langsung kepada Allah SWT. Selain itu juga, berqurban pun merupakan momentum ibadah sosial kepada sesama manusia.

“Jadi momen hari ini tidak hanya masalah ibadah vertikal, Barangkali juga ibadah horizontal sosial dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban,” katanya.

“Kami memaknai Idul Adha tentu kita meneladani apa yang dicontohkan Nabi Ibrahim dalam hal keikhlasan tentunya diimplementasikan dalam bekerja dan berkorban untuk KBB,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan