8 Negara yang Punya Tradisi Unik dalam Merayakan Hari Raya Idul Adha

JABAR EKSPRES – Berikut ini merupakan 8 negara yang punya tradisi unik dalam merayakan Idul Adha.

Idul Adha, atau Hari Raya Pengorbanan, adalah salah satu hari raya Islam yang paling penting dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Dengan beragam tradisi yang kaya, perayaan ini tidak hanya merupakan ekspresi keimanan tetapi juga menampilkan keanekaragaman budaya yang luar biasa.

Dalam artikel ini, kita akan menggali beberapa tradisi unik Idul Adha dari berbagai penjuru dunia.

BACA JUGA: Doa di Hari Arafah yang Diajarkan Rosulullah

Tradisi Idul Adha di India

Tradisi terpenting dari masyarakat India adalah berkaitan dengan toleransi beragama, di mana sebagian umat Muslim di India menyembelih kambing daripada sapi atau kerbau untuk menghargai umat Hindu.

Kemudian, daging kurban dibagikan kepada keluarga, teman, dan mereka yang membutuhkan. Perayaan ini juga ditandai dengan berbagai hidangan khas dan pesta keluarga, seperti Nilla Nihari dan biryani.

Tradisi Idul Adha di Nigeria

Idul Adha dikenal sebagai “Ileya” atau “Sallah”. Di bagian utara Nigeria, ada tradisi parade kuda yang dihias warna-warni untuk merayakan Idul Adha. Mereka kemudian akan melaksanakan salat Idul Adha di lapangan besar atau masjid.

Setelah mereka melakukan penyembelihan hewan kurban, mereka kemudian akan membagikannya kepada keluarga, tetangga, dan orang-orang miskin.

Tradisi Idul Adha di Pakistan

Salah satu tradisi Idul Adha yang unik di Pakistan adalah mereka akan menghias hewan kurban dengan cat, pita, atau pernak-pernik berwarna-warni sebagai bentuk penghormatan sebelum disembelih. Selama perayaan Idul Adha, umat Muslim di Pakistan akan menghabiskan waktu dengan memperbanyak zikir, berdoa, dan menyembelih hewan kurban.

Oleh karena itu, mereka akan menutup toko-toko selama empat hari untuk untuk merayakan Idul Adha.

Tradisi Idul Adha di Aljazair

Melfuf merupakan tradisi khas dari umat Islam di Aljazair. Pada hari raya, masyarakat menyiapkan meja besar dengan makanan khas yang disebut ‘melfuf’, mirip dengan lumpia.

Kemudian, tradi Idul Adha lainnya di negara ini adalah warga Aljazair melakukan kunjungan tahunan ke Kota Bou Saada untuk membeli pisau tradisional yang digunakan untuk penyembelihan hewan kurban.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan