Tips Memilih Ban Yang Cocok Untuk Sepeda Motor

  • Sesuaikan dengan ukuran pelek

Ukuran ban sebaiknya menyesuaikan anjuran pabrikan sepeda motor yang terdapat di dalam Buku Pedoman Pemilik Sepeda Motor. Jika ingin mengganti ban dengan ukuran yang berbeda, sesuaikanlah dengan batas toleransinya, karena jika ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil, bisa membahayakan pengendara.
Selain itu, penggunaan ukuran ban yang tidak sesuai anjuran pabrikan bisa mempengaruhi performa, kenyamanan, dan kestabilan sepeda motor saat dikendarai.

BACA JUGA: Cara Mencuci Motor yang Benar, Simak Cara Ini!

  • Perhatikan ukuran ban

Mengganti ban memang bisa membuat tampilan sepeda motor jadi lebih keren. Mengganti ban standar dengan ukuran yang lebih besar membuat tampilan motor lebih kekar, sedangkan menggantinya dengan ukuran ban yang lebih kecil membuat sepeda motor terlihat lebih ramping.

Memang tidak ada larangan khusus untuk mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil, asal sesuai batas toleransi perubahannya. Namun, perlu diingat bahwa perubahan ukuran ban bisa berpengaruh pada performa, kenyamanan, dan kestabilan sepeda motor itu sendiri.

Penggunaan ban dengan ukuran lebih besar bisa membuat motor terasa sedikit lebih berat. Selain akibat penambahan bobot ban, area permukaan ban yang menempel di aspal akan lebih lebar sehingga tahanan laju sepeda motor lebih tinggi.

Sementara itu, mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil memang membuat motor bisa melaju lebih kencang. Selain akibat bobot ban lebih ringan, permukaan ban yang menempel di aspal lebih sedikit sehingga tahanannya pun lebih kecil. Namun, risikonya adalah pengendalian sepeda motor jadi lebih liar dan daya cengkeram ban pada permukaan aspal lebih kecil sehingga ban mudah slip.

  • Tekanan Ban Angin Sepeda Motor

Setiap motor memiliki ketentuan ukuran ban dan tekanan angin yang sudah ditentukan, yang dapat dilihat di buku pedoman pemilik kendaraan. Umumnya, motor cub dan matic membutuhkan tekanan sekitar 28-30 psi untuk ban depan dan 32-34 psi untuk ban belakang. Motor sport biasanya memerlukan 30-32 psi di depan dan 34-36 psi di belakang. Selalu ikuti rekomendasi pabrik untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan