Puluhan Mahasiswa Administrasi Publik Unpas Akan Mengikuti Ristek di Pemkab Majalengka: Fokus ke Tata Kelola Pemerintahan

BANDUNG – Sebanyak 73 mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Unpas akan menyelenggarakan Riset dan Praktik (Ristek) di Pemerintah Kabupaten Majalengka.

Menurut Ketua Panitia, Andre Ariesmansyah melalui ristek ini mahasiswa belajar melakukan riset dan pengabdian kepada masyarakat. Riset yang mereka lakukan adalah di 24 organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah Pemkab Majalengka.

Termasuk di RSUD Majalengka, salah satu BUMD, dan 4 kecamatan. Pelaksanaan Ristek ini selama satu bulan mulai 9 Juli-9 Agustus 2024.

“Alhamdulillah Pemkab Majalengka sangat menyambut baik kolaborasi ini. Bahkan Pak Pj Bupatinya sudah memetakan atau menyiapkan permasalahan yang akan diteliti oleh mahasiswa kami,” ungkap Andre.

“Dengan begitu data yang diberikan Pemkab Majalengka sangat membantu kami. Jadi, nanti mahasiswa tidak harus mencari-cari lagi data, tapi langsung melakukan riset,” sambungnya.

Dikatakan, riset yang dilakukan sesuai tema Ristek ini yakni soal kualitas tata Kelola pemerintahan. Mahasiswa akan meriset tentang kondisi permasalahan  strategi prioritas pembangunan di Majalengka.

Menurut Andre, diharapkan hasil Ristek ini bisa memberikan sumbangsih dan kontribusi, dan juga rekomendasi bagi peningkatan tata Kelola pemerintahan Pemkab Majalengka ke arah yang lebih baik lagi.

“Lalu, nantinya hasil riset ini dilaporkan, bahkan bisa didesiminasikan oleh Litbang Pemkab Majalengka untuk membuat kebijakan atau strategi pembangunan di Majalengka,” imbuh Andre.

Ia menambahkan selain melakukan riset mereka juga akan mengikuti pengabdian masyarakat sekitar mereka tinggal. Misalnya, ikut kegiatan masyarakat mereka tinggal, seperti gotong royong.

“Atau aksi sosialnya. Misalnya ikut mengkampanyekan atau mengikuti kegiatan program menurunkan angka stunting ke masyarakat. Pokoknya mereka juga akan terlibat dalam pengabdian masyarakat,” kata Andre.

Sementara itu, Dekan Fisip Unpas, Kunkunrat mengapresiasi adanya Ristek oleh mahasiswa Administrasi Publik Unpas ini. Terlebih Pemkab Majalengka juga sangat menyambut baik kolaborasi ini.

“Saya berharap mahasiswa bisa melaksanakan program ini dengan sungguh-sungguh.Karena dengan Ristek ini akan memberi pengalaman luar biasa bagi mereka. Mereka bisa terjun langsung dan meriset soal tata Kelola pemerintahan dan permasalahannya,” ujar Kunkun.

Raffi Akmal mengatakan ia dan teman-temannya sudah siap untuk melaksanakan Ristek ini. “InsyaAllah sudah  siap mengikuti Ristek ini,” ujar Raffi yang juga ketua panitia dari mahasiswa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan