Keutamaan Puasa Tarwiyah Dua Hari Menjelang Hari Raya Idul Adha

JABAR EKSPRES – Puasa Tarwiyah merupakan salah satu puasa yang dilakukan pada Bulan Dzulhijjah, puasa Tarwiyah memiliki keutamaan yang besar. Selain puasa tarwiyah ada beberapa puasa lain yang dianjurkan dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah.

Diantara puasa tersbeut adalah, puasa selama 9 hari di awal bulan, puasa senin-kamis, puasa Ayyamul Bidh, puasa tarwiyah dan juga puasa Arafah.

Puasa Tarwiyah cukup istimewa, karena hanya bisa dilaksanakan setahun sekali, sama halnya dengan puasa Arafah.

Puasa Tarwiyah dilaksanakan apda 8 Dzulhijjah, atau dua hari menejlang hari raya Idul Adha, seperti hari ini.

Puasa yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah akan mendapatkan keutamanaan yang besar, mengingat bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan haram atau bulan yang dimuliakan, sehingga ibadah apapun yang dilakukan pada bulan ini akan dilipat gandakah pahalanya.

BAca juga : Awas Jangan Lupa, Besok Mulai Puasa Tarwiyah, Ini Bacaan Niatnya

Seperti halnya menjalankan puasa lain sebagai ibadah yang dilakukan karena Allah, pahala puasa ini akan diberikan langsung oleh Allah, namun sebagai puasa yang istimewa, ada bebrapa hadist yang menyebutkan keutamaan dari puasa tarwiyah ini.

Pahala ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah mendapatkan pelipatan pahala dibanding ibadah di bulan lainnya.

Rasulullah ﷺ bersabda,

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبَّ إِلَى اللّٰهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya: “Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar” (HR At-Trmidzi).

BAca juga : Hukum Puasa Tarwiyah dan Arafah yang Dilakukan Sebelum Idul Adha

Keutamaan lain dari puasa tarwiyah salah satunya adalah dapat menghapus dosa selama satu tahun. Dalam sebuah hadits disebutkan:

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين

Artinya, “Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun,” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

Melihat begitu besar pahala dari puasa ini, maka sangat disayangkan jika sampai tidak dilaksanakan, jika tidak ada halangan .

Wallahu ‘Alam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan