Contoh Teks Khutbah Idul Adha 2024 yang Menginspirasi dan Penuh Makna

JABAR EKSPRES – Tidak lama lagi, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan salah satu hari besar Islam, yaitu Idul Adha 2024. Perayaan ini dimulai dengan sholat Ied yang diikuti dengan pelaksanaan kurban. Khutbah menjadi bagian integral dari sholat Ied, menyampaikan pesan-pesan penting yang menginspirasi dan mengharukan.

Secara bahasa, khutbah adalah pidato yang disampaikan oleh seseorang dari atas mimbar. Menurut istilah, khutbah merupakan perkataan yang terstruktur dan berisi nasihat serta informasi bagi pendengarnya. Penyampai khutbah disebut khatib, dan penyampaiannya bersifat satu arah atau monolog. Dalam Islam, khutbah berkaitan erat dengan pelaksanaan ibadah, seperti khutbah Jumat, khutbah Idul Fitri, khutbah Idul Adha, dan khutbah nikah.

Baca juga : 6 Beasiswa Kuliah Tahun 2024: Cek Jadwal dan Persyaratannya!

Khutbah Idul Adha menyoroti perjuangan Nabi Ibrahim AS dan putranya, Ismail AS. Mereka menunjukkan ketaatan dan kepasrahan yang luar biasa kepada Allah SWT. Khutbah ini terdiri dari dua bagian, dipisahkan dengan duduk di antara dua khutbah.

Contoh Teks Khutbah Idul Adha 2024

Contoh teks khutbah Idul Adha 2024 yang mengharukan dan disampaikan oleh khatib bisa mengambil berbagai tema, namun umumnya tema yang disampaikan ketika Idul Adha yaitu keikhlasan dan hikmah kurban.

Berikut beberapa contoh teks khutbah Idul Adha yang dikutip dari berbagai sumber.

Kurban sebagai Perwujudan Takwa

Khutbah pertama:

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ
اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ
اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ

Jamaah yang dimuliakan Allah,

Pada pagi yang cerah ini, marilah kita panjatkan segala puji dan syukur kehadirat Allah yang telah memberikan kita hingga saat ini nikmat sehat dan kekuatan sehingga kita bisa hadir ditempat ini untuk menunaikan salah satu ibadah yang diperintahkan kepada kita sambil mengumandangkan kalimat takbir, tahmid yang semuanya kita tujuakan kepada keagungan dan kebesaran Allah.

Shalawat dan salam atas junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan kita petunjuk yang dapat dijadikan pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Hadirin sekalian,

Setiap tahun dalam suasana menyambut hari raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah, kita semua mengumandangkan kalimat tauhid, takbir, tahmid, dan tahlil. Mengumandangkan kalimat ini menunjukkan suatu pengakuan yang kokoh bahwa Allah adalah Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Kalimat-kalimat ini memberikan kesan yang kuat dalam diri kita bahwa Allah Maha besar dan Maha Agung. Kalimat-kalimat itu juga saat ini tengah menggema dimana-mana, dikumandangkan oleh umat islam di seluruh dunia, baik umat muslim di belahan barat ataupun di belahan timur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan