7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Daging Saat Idul Adha, Bisa Cegah Hipertensi hingga Kolesterol

JABAR EKSPRES – Selain sebagai momen religius yang penting dan dinantikan, perayaan Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, dan domba, yang kemudian dagingnya dibagikan dan dinikmati bersama keluarga serta kerabat.

Namun, seringkali, momen ini menjadi ajang bagi banyak orang untuk mengonsumsi daging dalam jumlah yang berlebihan.

Hal tersebut tentu bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, penyakit jantung, dan stroke.

Baca juga : Benarkah Jus Daun Pepaya Bisa Sembuhkan DBD? Ini Penjelasannya

Untuk menjaga kesehatan setelah menyantap banyak daging, ada beberapa minuman yang dapat membantu menetralisir efek negatif dari konsumsi daging berlebihan.

Berikut adalah minuman yang bisa Anda nikmati untuk menjaga keseimbangan tubuh setelah makan daging saat perayaan Idul Adha:

1. Air Putih

Air putih adalah solusi terbaik dan paling sederhana untuk membantu tubuh setelah mengonsumsi banyak daging.

Air putih berfungsi melarutkan nutrisi dan membantu proses pencernaan berjalan lebih lancar.

Selain itu, air putih juga membantu ginjal dalam proses detoksifikasi, membuang zat-zat berbahaya yang dihasilkan dari pencernaan daging.

2. Teh Jahe

Teh jahe dikenal memiliki manfaat besar dalam meredakan masalah pencernaan seperti kembung dan mual yang sering muncul setelah makan banyak daging.

Selain itu, teh jahe juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah kenaikan tekanan darah akibat konsumsi daging berlebih.

3. Jus Lemon

Jus lemon kaya akan vitamin C, yang tidak hanya membantu penyerapan zat besi dari daging tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Vitamin C dalam jus lemon berperan penting dalam mengurangi risiko kolesterol tinggi yang dapat terjadi setelah konsumsi daging berlebihan.

4. Jus Sayuran

Jus sayuran mengandung serat tinggi yang sangat efektif dalam mencegah peningkatan kolesterol yang disebabkan oleh makan daging.

Serat bekerja dengan memperlambat penyerapan lemak di sistem pencernaan, sehingga mengurangi jumlah kolesterol yang diserap oleh tubuh.

Ini dapat mengurangi risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

5. Teh Herbal

Teh herbal, terutama yang terbuat dari chamomile dan peppermint, bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi kembung dan masalah pencernaan lainnya akibat makan banyak daging.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan