Semester 1 2024, Transaksi Produk Fashion Jabar Melalui Tokopedia dan ShopTokopedia Naik 2 Kali Lipat

BANDUNG – Tren e-commerce di Jawa Barat (Jabar) terus meningkat. Menurut penelitian dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), terdapat kenaikan transaksi belanja produk UMKM secara online di Bandung sebanyak 2,5 kali lipat pada tahun 2022.

“Tokopedia dan ShopTokopedia pun terus berupaya mendorong kemajuan pelaku usaha di Jawa Barat (Jabar), dan meningkatkan tren belanja online masyarakat Jabar sekaligus perekonomian daerah. Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat adanya kenaikan jumlah transaksi di masing-masing platform pada skala lokal dalam hal ini Jawa Barat,” kata Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Antonia Adega.

Di Jabar, beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia, antara lain Gadget dan Elektronik, Fashion Muslim, Ibu dan Bayi, Makanan dan Minuman, serta Kesehatan, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 1,5 kali lipat.

“Khusus untuk produk fashion, yang paling laris di Jabar melalui Tokopedia, antara lain: dress muslim, perlengkapan ibadah, outwear wanita, dan pakaian muslim pria (baju koko, celana sarung), serta pakaian muslim anak (baju koko, gamis), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat,” tambah Antonia.

Sedangkan untuk produk tas, yang paling laris di Jabar melalui Tokopedia, antara lain tas selempang, dompet, shoulder bag, tote bag, dan ransel. “Di sisi lain, beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di ShopTokopedia di Jabar, antara lain Make-up, Camilan, Peralatan Rumah Tangga, Bawahan Wanita, dan Baju Tidur Wanita, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 4,5 kali lipat,” jelas Antonia.

Khusus untuk produk fashion, yang paling laris di Jawa Barat melalui ShopTokopedia, antara lain rok wanita, baju tidur wanita, hijab, knitwear dan kaos wanita, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat. Serta untuk produk tas, yang paling laris di Jabar melalui ShopTokopedia, antara lain tas belanja, travel organizers, make-up bag, dompet, dan ransel.

Tokopedia dan ShopTokopedia terus membantu tumbuh kembang pelaku usaha di Indonesia termasuk Jabar melalui berbagai inisiatif, salah satunya melalui kampanye Beli Lokal. “Kampanye Beli Lokal bertujuan mendongkrak penjualan pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal. Kami pun mencatat berbagai dampak positif kampanye ini, baik di skala nasional maupun lokal dalam hal ini Jawa Barat, termasuk yang berkaitan dengan naiknya jumlah transaksi di platform Tokopedia maupun ShopTokopedia,” ungkap Antonia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan