24 RUNTUYAN ABOUT URGENSI SHOLAT, Terakhir Tak Terpikirkan Kebanyakan Muslim Padahal Hukumnya Fardhu ‘Ain

JABAR EKSPRES – Sholat memiliki kedudukan yang agung dan sangat penting dalam Islam. Oleh karena itu, seorang muslim wajib memiliki perhatian yang besar terhadap sholat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah keterangan dalil-dalil yang menunjukkan bahwa sholat memiliki kedudukan yang agung dan sangat penting dalam Islam, sehingga dengan keterangan dalil-dalil berikut ini kita termotivasi untuk menjaga sholat.

Inilah sekurang-kurangnya 24 RUNTUYAN ABOUT URGENSI SHOLAT…

RUNutan dan TUNtunan YANg Akan menjadikan semakin Benar Orientasi karena semakin paham keUtamaan dan bahwa ada URusan yang sangat GENting yang harus dijaga dalam mempertahankan Status diri kita supaya tetap berada didalam Islam dengan SHOLAT.

Baca juga : Tata Cara Sholat Hajat, Agar Mendapat Ridho Dari Allah

1. Sholat Adalah Perintah Langsung Setelah Mentauhidkan Alloh SWT.

Keutamaan yang pertama adalah perintah kedua atau langsung setelah mengesakan/mentauhidkan Allah. Alloh SWT berfirman :

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Alloh dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al Bayyinah: 5)

2. Sholat adalah Rukun Islam Yang Kedua

Keutamaan yang kedua, yaitu rukun yang kedua. Dalam hadits disebutkan:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Dari Ibnu Umar RA, dia berkata: Rosuululloh SAW bersabda: “Islam dibangun di atas lima (tonggak): Syahadat Laa ilaaha illa Alloh dan (syahadat) Muhammad Rosululloh, menegakkan sholat, membayar zakat, hajji, dan puasa Ramadhan.”
(HR. Bukhari no. 8 dan Muslim no. 16)

3. Tiang Islam

Islam seseorang tidaklah tegak kecuali dengan shalat. Dalam hadits Mu’adz disebutkan,

رَأْسُ الأَمْرِ الإِسْلاَمُ وَعَمُودُهُ الصَّلاَةُ وَذِرْوَةُ سَنَامِهِ الْجِهَادُ

“Pokok perkara adalah Islam, tiangnya adalah sholat, dan puncak perkaranya adalah jihad.”
(HR. Tirmidzi no. 2616. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Yang disebut tiang suatu bangunan jika ambruk, maka ambruk pula bangunan tersebut. Sama halnya pula dengan bangunan Islam.

4. Perintah Alloh SWT Yang Langsung Diemban Rosuululloh Muhammad SAW Tanpa Perantaraan Malaikat Jibril

Shalat adalah perintah Alloh SWT yang langsung diemban Rosuululloh Muhammad SAW tanpa perantaraan Malaikat Jibril, hal ini menunjukkan kedudukan sholat sangat tinggi dalam Islam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan