Kolaborasi antara Kairos Multi Jaya dengan Laboratorium Akustik Institut Teknologi Bandung sukses menggelar Workshop Integrasi Akustik Bangunan & Profesional Audio

JABAR EKSPRES – PT Kairos Multi Jaya berkolaborasi dengan Laboratorium Akustik Institut Teknologi Bandung mengadakan Workshop Integrasi Akustik Bangunan & Profesional Audio. Workshop diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 04-05 Juni 2024 yang bertempat di Auditorium IPTEKS Campus Center Timur ITB, Jln. Ganesha No.10, Kota Bandung. Workshop dihadiri oleh pelajar, mahasiswa, kalangan profesional di bidang akustik dan sound system, serta masyarakat umum. Peserta workshop tidak hanya dari Kota Bandung saja, melainkan dari berbagai kota seperti Jakarta, Yogyakarta, & Surabaya.

Materi pertama, Selasa (4/6/2024) adalah konsep akustik ruang yang dibawakan oleh Ir. Anugrah Sabdono Sudarsono, S.T., M.T., Ph.D., IPM yang merupakan pengajar Fakultas Teknologi Industri ITB. Selanjutnya pada sesi kedua mengangkat soal dasar desain dan penerapan sistem audio serta perangkat pendukung optimalisasi yang dibawakan oleh Kairos Multi Jaya Engineering Team. Hari pertama ditutup dengan kunjungan ke ke Laboratorium Echoic & Anechoic Chamber, diruangan tersebut para peserta workshop dapat mengalami fenomena nyata salah satu satunya berada didalam ruangan dengan kadar gema minimum.

Kemudian pada hari kedua, Rabu (5/6/2024) materi pertama diawali dengan integrasi sistem tata suara dengan kondisi akustik ruang dengan pemateri Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D, juga pengajar Fakultas Teknologi Industri ITB. Sementara itu disuguhkan pula materi tentang interaksi dan pengukuran (Live Measure) loudspeaker dalam ruangan serta optimalisasi tata suara dengan pemateri Kairos Multi Jaya Engineering Team sekaligus sebagai penutup dari semua rangkaian workshop.

Menurut Johannes Martin Wijaya selaku Board of Director PT. Kairos Multi Jaya, workshop ini diselenggarakan dengan tujuan memadukan antara desain akustik ruangan dan seluk beluk Soundsystem. Kedua hal ini saling berkaitan dan saling mengisi. Hasil sebuah desain ruangan dengan tata akustik yang baik, pasti melewati pengukuran yang akurat dan tepat sesuai tujuan, keadaan & kebutuhan ruangan itu sendiri. Sehingga lebih mudah dalam proses pemilihan, penataan, hingga pengaturan soundsystem. Selain itu, dengan diadakannya worksop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang komprehensif tentang pengendalian ragam bunyi yang dihasilkan dari suatu bangunan berikut dengan seperangkat audio yang lebih mendetail kepada peserta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan