Awas Kolesterol Bisa Naik Setelah Makan Daging Kurban, Kenali Ciri-cirinya

JABAR EKSPRES – Perayaan Idul Adha identik dengan menikmati berbagai hidangan daging lezat seperti opor, gulai, sate, dan rendang. Namun, mengonsumsi daging berlebihan dapat memicu kadar kolesterol naik dalam tubuh, yang berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan serius.

Berikut adalah beberapa ciri kolesterol naik dan cara mengatasinya setelah makan daging kurban saat Idul Adha.

Baca juga : Kenapa Tenggorokan Terasa Sakit dan Gatal Setiap Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ciri Kolesterol Naik yang Perlu Diwaspadai

1. Mudah Mengantuk

Rasa mengantuk yang berlebihan bisa jadi tanda kolesterol tinggi. Penumpukan kolesterol bisa menghambat aliran oksigen ke otak, menyebabkan frekuensi menguap yang meningkat.

2. Nyeri di Kaki

Penyumbatan arteri akibat kolesterol tinggi dapat menyebabkan nyeri pada kaki, karena darah sulit mengalir dengan lancar ke area tersebut.

3. Kesemutan

Aliran darah yang terhambat akibat kolesterol tinggi dapat menyebabkan kesemutan di kaki atau tangan karena saraf tidak mendapatkan suplai darah yang cukup.

4. Pegal di Tengkuk atau Pundak

Penumpukan kolesterol yang menghambat suplai oksigen dan darah bisa menyebabkan rasa pegal yang sering dirasakan di tengkuk atau pundak.

5. Kram

Kram yang sering muncul di tumit, telapak kaki, atau bagian tubuh lainnya, terutama saat malam hari atau saat bangun tidur, bisa menjadi tanda kolesterol tinggi.

6. Nyeri Dada

Penumpukan kolesterol di dinding arteri bisa menyebabkan nyeri dada karena jantung tidak mendapatkan suplai darah yang cukup.

7. Xanthelasma

Endapan kolesterol di bawah kulit, sering muncul sebagai benjolan kecil di lipatan tubuh seperti tumit, lutut, atau siku, atau noda kuning muda di ujung kelopak mata.

8. Gejala Stroke

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di otak, yang mengurangi suplai darah dan oksigen, sehingga memicu gejala stroke seperti muntah, melemahnya satu sisi tubuh, dan sakit kepala hebat.

9. Perlemakan Hati

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan hati dipenuhi lemak, menimbulkan keluhan seperti begah, mual, dan ketidaknyamanan, serta meningkatkan risiko penyakit serius seperti sirosis dan kanker hati.

10. Xanthoma

Penumpukan lemak di bawah kulit yang menyebabkan benjolan kecil atau papula, biasanya muncul di persendian seperti siku dan lutut. Xanthoma juga bisa disebabkan oleh penyakit lain seperti diabetes atau hipotiroidisme.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan