Perkenalkan! Inilah ‘Si Umi’, Aplikasi Uji Emisi Kendaraan Guna Pantau Kualitas Udara

JABAR EKSPRES – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi melaksanakan uji emisi kendaraan menggunakan aplikasi ‘Si Umi’ untuk memudahkan pendataan hasil uji emisi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam pencatatan dan pemantauan kualitas udara di Kota Cimahi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Chanifah Listyarini menyebut aplikasi ‘Si Umi’ akan berfungsi sebagai basis data penting untuk memantau kualitas udara.

“Saat ini, tahun ini, kita juga sudah terhubung dengan aplikasi dari pusat namanya Si Umi sehingga nanti ini menjadi database. Untuk sementara ini masih dalam proses untuk kualitas udaranya,” ucapnya pada wartawan saat meninjau uji emisi kendaraan di Jalan Gedung Empat, Kota Cimahi pada Selasa (11/6).

BACA JUGA: Jadwal Bioskop Trans TV Malam ini Selasa, 11 Juni 2024, Tayang Film The Marksman

Chanifah mengungkapkan pentingnya uji emisi bagi kendaraan roda empat guna mengurangi polusi udara di Kota Cimahi. Selain uji emisi, pihaknya juga melaksanakan penghitungan lalu lintas.

“Jadi berapa kepadatan yang ada di Kota Cimahi yang pada saat ini pengukuran. Mudah-mudahan hasilnya baik,” terangnya.

Kegiatan uji emisi, lanjut Chanifah, akan difokuskan pada kendaraan yang masih menggunakan bahan bakar solar dan bensin.

BACA JUGA: Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Layak Huni di Pameungpeuk

“Masih banyaknya kendaraan roda empat yang menggunakan solar dan bensin, maka hari ini kita melakukan uji emisi agar tidak mencemari udara Kota Cimahi,” tutur Chanifah.

Untuk mendukung kegiatan uji emisi kendaraan, DLH menggunakan lima alat uji. Dari lima alat tersebut, empat di antaranya dikhususkan untuk kendaraan bensin dan satu alat untuk kendaraan solar.

“Dengan upaya ini, diharapkan kualitas udara di Kota Cimahi dapat lebih terjaga dan mengurangi dampak negatif dari polusi kendaraan bermotor,” kata Chanifah.

BACA JUGA: OALAH! Terungkapnya Alasan Terbaru Kenapa Mangaka Hunter x Hunter Sering Hiatus, Salah Satunya Karena Lingkungan yang Toksik!

Chanifah menerangkan, saat ini uji pengukuran pada kendaraan, yang nantinya hasil uji dapat menjadi dasar kebijakan pengambilan.

“Jadi biasanya kita hanya melakukan uji emisi saja, tetapi tahun ini kita ada tiga kegiatan yaitu yang saya katakan tadi, ada pengukuran juga,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan