Teknik Menikung Menggunakan Sepeda Motor Yang Benar dan Aman

JABAR EKSPRES – Ada beberapa teknik dasar dalam berkendara yang seharusnya dikuasai setiap pengendara saat mengajukan permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM). Dalam uji tes SIM, terdapat beberapa persoalan mulai dari pengereman, keseimbangan, hingga teknik menikung. Seorang pengendara yang baik akan mampu melewati semua teknik dasar tersebut dengan lancar. Dari semua teknik dasar tersebut, teknik menikung merupakan salah satu yang harus dikuasai secara sempurna oleh pengendara. Sebab, satu kesalahan saja bisa membuat pengendara terjatuh dan mengalami kecelakaan saat menikung.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Dalam menikung, seorang pengendara harus memperhatikan tahapan-tahapan dan hal yang perlu dihindari agar terhindar dari kecelakaan dan tetap nyaman. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah postur tubuh saat menikung, yaitu menggunakan posisi lean with the bike, di mana tubuh cenderung miring sejajar dengan motor. Pastikan lutut berada di dalam cover body untuk pengendara motor matic, atau lutut mengapit ringan di tangki untuk pengendara motor sport.”

BACA JUGA: Tips Merencanakan Perjalanan Touring dengan Motor

Tahapan pertama saat menikung adalah mengurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan, bisa dengan menggunakan rem kombinasi antara rem depan dan belakang. Pengendara harus dapat menyesuaikan kecepatan saat memasuki tikungan berdasarkan feeling yang dirasakan saat mengendarai sepeda motor, pastikan memasuki tikungan dengan kecepatan yang sesuai, tidak terlalu cepat ataupun terlalu lambat.

Tahap kedua adalah melihat ke arah tujuan, pastikan kepala menghadap ke arah yang akan ditempuh, fokus pada titik paling jauh dari tikungan. Jika belok ke kanan, pastikan kepala menghadap ke kanan; jika belok ke kiri, pastikan kepala menghadap ke kiri. Perhatikan segala informasi dari ujung tikungan, seperti pasir atau potensi bahaya lainnya, untuk mengantisipasi risiko.

BACA JUGA: Syarat dan Biaya Pembuatan SIM C1 untuk Motor 250-500 CC

Tahap ketiga adalah mengontrol kecepatan dan kemiringan sepeda motor menggunakan rem belakang. Dengan menggunakan rem belakang, pengendara dapat mengendalikan pergerakan sepeda motor dengan lebih baik. Hindari penggunaan rem depan saat menikung karena dapat membuat ban depan terkunci dan menyebabkan kecelakaan. Setelah keluar dari tikungan, tingkatkan kembali kecepatan untuk menghindari situasi berbahaya dari motor di belakang disesuaikan dengan arus lalu lintas di jalur lurus sebelumnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan