Jansen Manansang Dianugerahi Upakarti Reksa Mrga-taru pada Dies Natalies ke-59 UNNES

JABAR EKSPRES – Founder Taman Sapari Indonesia, Jansen Manansang dianugerahi Upakarti Reksa Mrga-taru, pada Dies Natalies ke-59 Universitas Negeri Semarang (UNNES), yang digelar di Auditorium Prof Wuryanto, Kampus UNNES, Semarang, Sabtu (8/6/2024).

Penghargaan yang diberikan kepada Janseng atas dedikasinya dalam menyelamatkan satwa-satwa di Indonesia ini. Diberikan di Acara UNNES Conservation Award 2024, yang bertepatan dengan Dies Natalies ke-59.

UNNES menilai selama kurang lebih 40 tahun terakhir, misi-misi penyelamatan satwa dan flora yang dilakukan Jansen. Telah terbukti nyata dengan konsistensi dan eksistensi Taman Safari Indonesia.

Selain itu, selama ini Jansen juga dikenal sebagai tokoh nasional di bidang konservasi. Sebab itu lah, UNNES menilai keberhasilan Taman Safari Indonesia, yang menjadi Lembaga konservasi terbesar di Indonesia. Tidak lepas dari jerih payah Jansen dalam mengelola hubungan baik, dengan jejaring konservasi di dunia Internasional.

BACA JUGA:Lebih Dekat dengan Pelanggan, Telkom Selenggarakan Corporate Customer Gathering hingga Berikan Bantuan ke UMKM

Selanjutnya, UNNES menilai Jansen sebagai tokoh penting dibalik keberhasilan PT Taman Safari Indonesia dan Yayasan Badak Indonesia (YABI).

Melalui perannya di Taman Safari Indonesia, Jansen telah menginisiasi berbagai kegiatan konservasi, termasuk pendirian rumah sakit dan klinik untuk spesies langka seperti gajah sumatera.

Lebih dari itu, Jansen juga mendirikan YABI bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, kemudian memprakarsai program konservasi intensif untuk badak sumatera.

Termasuk keberhasilan repatriasi tiga badak sumatera jantan dari Amerika Serikat, untuk dijadikan pasangan badak betina di Indonesia, sehingga menghasilkan keturunan pertama badak betina dalam 30 tahun.

BACA JUGA:Crosser Astra Honda Siap Unjuk Prestasi di MXGP Latvia

Jansen juga berperan penting dalam penerbitan Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Badak Indonesia (SKBI). Yang didanai oleh Bank Internasional Indonesia (BII) pada 1993.

Dedikansinya selama ini telah menarik perhatian internasional, Jansen Manansang ditunjuk menjadi anggota dewan penasehat Association of Southeast Asian Zoos, sekaligus pelaksana dari Livestock Expert Group dari International Union for Conservation of Nature untuk wilayah Indonesia.

“Sebagai pengakuan atas kontribusinya yang signifikan terhadap konservasi satwa liar, UNNES dengan bangga memberikan penghargaan Upakarti Reksa Mrga-taru kepada Drs. Jansen Manansang.,MSc,” kata Rektor UNNES, Prof. Martono, Sabtu (8/6).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan