Survei SMRC Juni 2024, Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi Masih Teratas Sementara Tokoh Lain Keok

JABAREKSPRES.COM, BANDUNG – Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi masih menjadi tokoh yang bersaing di puncak top of mind warga Jabar untuk Pilkada 2024. Sementara elektabilitas tokoh – tokoh lain masih sangat jauh di bawah dua politikus tersebut.

Hal itu berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) awal Juni 2024 ini. Dalam survei yang dipublikasikan Jumat (7/6) itu, elektabilitas Ridwan Kamil di angka 25,2 persen secara top of mind. Kemudian disusul Dedi Mulyadi di angka 16,3 persen.

Urutan berikutnya ada nama Bima Arya dengan rentang yang cukup jauh. Politikus PAN itu hanya memiliki elektabilitas di angka 1,3 persen. Apalagi nama kandidat lainya. Kandidat lain dalam top of mind itu jika dijumlah hanya di angka 6,1 persen.

BACA JUGA:Penyebab Pipa PDAM Jebol di Batununggal Bandung, Tirtawening Sebut Karena Ini

Tetapi, SMRC mencatat ada 50,1 persen masyarakat yang disurvei menyatakan tidak menjawab. “Artinya ini masih cair,” terang Direktur Eksekutif SMRC Deni Irvani.

Persaingan Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi juga terlihat dari pertanyaan semi terbuka. Ridwan Kamil memiliki elektabilitas 52,2 persen, sedangkan Dedi Mulyadi ada di 28,9 persen. “Ini juga konsisten dengan top of mind,” imbuh Deni.

SMRC juga memetakan head to head antara Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi secara langsung. Artinya simulasi jika kedua tokoh itu bersaing dalam Pilkada Jabar. Hasilnya Ridwan Kamil memperoleh 60,5 persen se dangkan Dedi Mulyadi 37,9 persen. “Kedua tokoh ini punya daya serap yang sama,” cetusnya.

Deni melanjutkan, Ridwan Kamil nampak masih sangat kompetitif merajai survei di Jabar. Salah satu penyebabnya bisa dilihat dari kepuasan publik atas kinerja tokoh incumbent itu. Persepsi publik atas kinerja incumbent bisa tembus 86 persen kategori puas. Rinciannya 11 persen sangat puas dan 75 persen cukup puas.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan