Mengambil ’Tema Keep Running Stay Healthy and Culture Sport N Tourism’, UNIGAL RUN 2024 Sukses Angkat Konservasi dan Budaya Ciamis

JABAR EKSPRES – Seperti event pertama dan kedua, kegiatan lomba lari yang diselenggarakan Universitas Galuh Ciamis kembali sukses diselenggaran. Bahkan, UNIGAL RUN 2024 bisa disebut lebih sukses dari sebelumnya.

Lomba lari 5 KM dan Cross Country 20 KM tersebut diikuti kurang lebih 450 peserta dari dalam dan luar negeri. seperti dari Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI dan beberapa daerah di Jawa Barat serta dari Korea, Taiwan dan Vietnam.

Selain memperebutkan medali, dalam event yang mendapat dukungan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat (Dispora Jabar) itu juga memperebutkan berbagi doorprise juga memperbutkan uang pembinaan dengan total sebesar Rp25 juta.

Rektor Universitas Galuh, Prof Dr. Dadi, M.Si mengaku jika pada kegiatan UNIGAL RUN 2024 berjalan sukses sesuai harapan. Pasalnya, tak hanya pelari dalam negeri banyak pula peserta pelari dari luar negeri yang ikut ambil bagian dalam kegiatan.

”Kegiatan ini merupakan event lari ketiga yang diselenggarakan Universitas Galuh (Unigal). Alhamdulillah, seperti acara-acara sebelumnya UNIGAL RUN 2024 kali ini juga berjalan sukses,” katanya, usai kegiatan, Sabtu 1 Juni 2024.

UNIGAL RUN 2024 kali ini mengambil tema “Keep Running Stay Healthy and Culture Sport N Tourism” menurut Dadi, dalam kegiatan tersebut ada beberapa multi even. Salah satunya adalah dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila sekaligus mengangkat konservasi dan budaya.

Sesuai dengan tema yang diusung selain mendapatkan iket Sunda, lanjutnya, para pelari juga secara tidak langsung diperkenalkan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Ciamis, seperti tari jaipong dan kolotik.

”Kami juga ingin memperkenalkan situs-situs bersejarah yang ada di Ciamis yang bisa disebut sebagai pondasi dari kualitas SDM yang sangat luar biasa,” terangnya.

Dadi berharap kegiatan UNIGAL RUN 2024 ini dapat mengembangkan dan mengangkat program UNIGAL RUN Sport, culture and tourism di Kabupaten Ciamis Jawa Barat serta dapat pula mempromosikan UNIGAL lebih luas ke kancah Internasional.

”Kami berharap melalui kegiatan ini pula UNIGAL bisa kerja sama dengan lembaga-lembaga perguruan tinggi tingkat nasional dan internasional serta organisasi lain yang berkaitan,” harapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan