Mentan Lakukan Percepatan Pengembangan Merauke jadi Lumbung Pangan Kawasan Timur

JABAR EKSPRES – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan upaya percepatan pengembangan Kabupaten Merauke di Papua Selatan untuk jadi lumbung Pangan di kawasan Timur.

Nantinya, lumbung pangan di Kabupaten Merauke tersebut akan memaksimalkan penggunaan teknologi pertanian.

‘’Kami optimis modernisasi pertanian akan mempercepat pengembangan Merauke sebagai lumbung pangan kawasan Timur Indonesia,’’ kata Amran dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (29/5).

BACA JUGA: 5 Rekomendasi HP Terbaru Mei 2024, Pilih yang Mana?

Amran juga menyampaikan bahwa sebelumnya pada pertengahan Mei 2024, Kementerian Pertan sudah mengirimkan sebanyak 261 unit alat mesin pertanian (Alsintan) dari Surabaya ke Merauke menggunakan KRI Soeharso.

Pengiriman sejumlah alsintan tersebut untuk meningkatkan produksi serta perluasan areal tanam (PAT) sehingga pengembangan Merauke sebagai lumbung pangan khususnya padi berjalan maksimal.

Mentan mengatakan tahap awal terdapat 40.000 hektar lahan di Kabupaten Merauke yang dioptimasi, angka ini pun akan terus dikembangkan hingga 1 juta hektar.

BACA JUGA: Klaim Sekarang DANA Kaget Hari ini, Ada Saldo Gratis hingga Rp200 Ribu

‘’Yang terpenting kita fokus menyelesaikan dulu 40.000 hektar, setelah itu berlanjut untuk program ini hingga 1 juta hektar,’’ jelas Mentan saat meninjau lokasi lahan dan tanam di Kampung Nggutibob Distrik Tanah Miring, Merauke, Papua Selatan bersama Penasehat Khusus Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin.

‘’Kita selesaikan dulu 40.000 hektar untuk tahap pertama,’’ sambungnya.

Menkan menekankan pengembangan lahan pertanian di Merauke akan dibangun secara maksimal melalui konsep modernisasi pertanian.

BACA JUGA: Klarifikasi Miss Nicole Petinggi MSL APP tentang Izin OJK, Kami Perusahaan Periklanan Bukan Keuangan

Ia juga menambahkan kedepannya konsep pertanian Merauke akan menjadi percontohan untuk dikembangkan di sejumlah wilayah lainnya di Indonesia.

‘’40.000 hektar ini adalah cluster, cluster pertanian modern, semua menggunakan teknologi seperti yang kita lihat. Jadi pertanian modern betul-betul, ini nanti bisa menjadi contoh di tempat-tempat lain, tanam, panen hingga mengolahnya pakai alat,’’ ungkap Mentan.

Sementara dikesempatan yang sama, Bupati Merauke Romanus Mbaraka mengaku optimis wilayah yang dipimpinnya mampu menjadi lumbung pangan nasional.

BACA JUGA: Kejati Jabar Siapkan 6 Jaksa untuk Kasus Vina Cirebon

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan