Antisipasi Wisatawan Meningkat, Pemkot Bandung Sorot Keamanan Reaktivasi Pariwisata

JABAR EKSPRES – Penataan kawasan Alun-alun Kota Bandung direncanakan akan kembali dilakukan reaktifasi. Lantas Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal menyorot Keamanan sejumlah tempat berwisata baru para pelancong tersebut.

Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi mengungkapkan bahwa lokasi atau titik-titik yang berpotensi adanya wisatawan itu, seperti, Alun-Alun, Jalan Palestina, lalu Tugu Soekarno dekat Jalan Banceuy, hingga Cikapundung Riverspot.

“Jadi kawasan Alun-alun itu nanti akan diaktifkan lagi. Sehingga pengunjung tudak berkerumun di kawasan Alun-Alun atau Asia Afrika saja, bisa terpencar juga,” kata Rasdian kepada wartawan, Selasa (28/5).

Selain itu, menurutnya keterlibatan Satpol PP dalam program tersebut yakni menjaga ketertiban kawasan-kawasan tersebut yang tidak diperbolehkan atau harus steril dari adanya Pedagang Kaki Lima (PKL).

BACA JUGA: Puluhan Jurnalis di Priangan Timur Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran 

Dirinya menegaskan, kawasan Asia Afrika tidak boleh ada PKL. Ini pun berlaku di alun-Alun. Maka pihaknya menyiapkan, basement yang ada di bawah parkir. Hal tersebut terealisasi juga oleh pihak ketiga.

Tak hanya PKL, kata Rasdian, para peraga atau cosplayer hantu yang ada di sepanjang jalan Asia Afrika pun telah ditata. Pemkot pun akan membina di bawah Disbudpar serta diatur penempatannya.

“Tidak semuanya disitu, kurang lebih ada 80 semuanya kan di atur Shiftnya, iconnya apa saja, mereka yang membuat komitmen kita yang mengetahui,” katanya.

“Jika melanggar dari komitmen tersebut kita tindak sehingga ada juga dia hak dan kewajibannya, kita tinggal mengawasi saja,” sambung Rasdian.

BACA JUGA: Wacana Revitalisasi Pasar Parakanmuncang Makin Hangat, IKWAPA Minta Penegak Hukum Pasang Mata 

Dia menambahkan, pihaknya telah membagi tugas untuk keamanan dan ketertiban di beberapa kawasan tersebut, antara lain zona satu daerah kepatihan dan dalam kaum, zona dua Alun-Alun, Masjid Agung dan sekitarnya.

“Jadi situlah ada nanti petugas yang melakukan patroli, monitoring, imbauan dan sebagainya kepada masyarakat, mengingatkan juga disitu,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan