Ingin Cepat Kaya?, Perbanyak Sedekah, Ini 7 Manfaat Sedekah Lainnya

manfaat sedekah laiJABAR EKSRPES – Banyak jalan untuk menjadi kaya, selain usaha dan doa. Ada satu jalan lagi yang tidak boleh ditinggalkan, yakni sedekah. Karena salah satu manfaat sedekah adalah bisa memperbanyak harta kita.

Banyak yang masih tidak yakin, bahwa sedekah bisa menambah harta kita, karena secara logika, sedekah itu mengeluarkan dan mengurangi harta kita untuk diberikan pada orang lain.

Namun dengan kalkulator Allah, semakin banyak mengeluarkan harta kita untuk sedekah, maka Allah akan menggantinya dengan melipat gandakan harta kita.

Baca juga : Manfaat Menjadi Ahli sedekah atau Dermawan dalam Islam

Hal ini sering kali disampaikan para ulama, bahkan ada yang menggambarkannya dengan mengganti harta kita hingga 700 kali lipat dari yang kita keluarkan, bahkan bisa lebih.

Karenanya, bagi umat muslim yang yakin akan kuasa Allah, akan memperbanyak sedekah untuk meraih ridho Allah, hingga Allah mencintainya dan melimpahkan harta yang berkah untuknya.

Selain memperbanyak harta, masih ada banyak manfaat lain dari sedekah, seperti yang disampaikan oleh Ustadz Aris Munandar dalam laman pengusaha muslim.com.

Berdasarkan salah satu hadits, Ibnul Qoyyim mengatakan,

أنها تقي مصارع السوء وتدفع البلاء حتى إنها لتدفع عن الظالم وتطفئ الخطيئة وتحفظ المال وتجلب الرزق وتفرح القلب وتوجب الثقة بالله وحسن الظن به

Sungguh bersedekah itu mencegah kematian yang jelek, mencegah bala’ sampai penggemar maksiat pun terjaga dari bala’ karena rajin bersedekah, menghapus dosa, menjaga harta, mendatangkan rezeki, membuat gembira hati dan menyebabkan hati yakin dan baik sangka kepada Allah.” (Uddah ash-Shabirin hlm 490)

Sedekah, donasi sosial, wakaf dll memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1️. Dijaga Allah dari kematian yang buruk

Maksudnya adalah akan dihindarkan dari kematian saat sedang melakukan maksiat, atau kematian dengan cara yang buruk seperti mati dicabik-cabik singa, dimakan buaya, mati dibunuh, mutilasi, dsb.

2️. Mencegah bala, wabah dan malapetaka

Dengan sedekah, maka Allah akan menajganya dari malapetaka. Siapapun pelakunya baik dia seorang muslim yang taat ataupun penggemar maksiat.

3️. Menghapus dosa.

Jika sedekah kepada anjing kehausan itu menghapus dosa pelacur, apalagi sedekah untuk penuntut ilmu agama, penghafal al-Qur’an, orang yang membutuhkan makanan dll. Sedekah seperti itu tentu lebih dasyat menghapus dosa pelakunya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan