Syarat Pendaftaran Sekolah Kedinasan STMKG 2024 Beserta Keuntungannya

JABAR EKSPRES – Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang merupakan bagian dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali membuka pendaftaran bagi calon taruna baru pada tahun 2024.

STMKG menawarkan beragam keuntungan yang sangat diminati oleh para lulusan SMA dan yang sepadan dengannya.

Baca juga : Catat Waktu dan Jadwal Terbaru Gelombang 2 UTBK-SNBT 2024

Ini termasuk beasiswa kuliah penuh dan peluang untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah menyelesaikan pendidikan.

Dalam proses pendaftaran tahun 2024, STMKG membuka 120 formasi, yang meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 80 formasi.

Syarat Pendaftaran STMKG 2024

Syarat-syarat untuk mendaftar ke STMKG di tahun 2024 mencakup berbagai hal yang harus dipenuhi oleh calon taruna. Di antaranya adalah kesehatan jasmani dan rohani, usia yang memenuhi kriteria, dan kesiapan untuk berkomitmen dalam ikatan dinas dengan BMKG.

Selain itu, ada juga syarat tambahan untuk peserta afirmasi yang berasal dari beberapa provinsi tertentu.

Selain syarat-syarat tersebut, calon taruna juga harus memenuhi persyaratan akademik yang meliputi lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau yang setara.

Bagi yang lulus pada tahun 2024 dan belum memiliki ijazah, mereka dapat menggunakan Surat Keterangan lulus/Surat Keterangan Aktif di Kelas XII.

Namun, manfaat menjadi taruna STMKG tidak hanya terbatas pada kebebasan biaya pendidikan.

Taruna juga akan mendapatkan status sebagai aparatur sipil negara (ASN) BMKG setelah lulus, serta pendidikan semi-militer yang bertujuan untuk meningkatkan disiplin.

Baca juga : Jadwal Pencairan Bansos PKH, BPNT, BLT Mitigasi Risiko Pangan, dan KLJ

Selain itu, mereka juga akan menerima tunjangan ikatan dinas dan memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan lanjutan hingga tingkat S2 baik di dalam maupun di luar negeri.

Dengan mengikuti proses pendaftaran STMKG, calon taruna tidak hanya mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi dalam bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika, tetapi juga membuka pintu menuju karir yang cerah dan bermanfaat bagi negara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan