Pasca Kecelakaan Maut di Subang, Disdik Jabar Perketat Kegiatan Study Tour

JABAR EKSPRES – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar) mengku akan memperketat soal kegiatan study tour pasca bus yang ditumpangi rombongan pelajar SMK Lingga Kencana, Kota Depok mengalami kecelakaan maut di Jalan Ciater, Subang, pada Sabtu, 11 Mei 2024 kemarin.

Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya mengungkapkan, pihaknya akan segera mengeluarkan surat edaran yang ditujukan ke seluruh satuan pendidikan atau sekolah SMA, SMK dan SLB.

“Yang disampaikan atau substansi di dalam surat edaran tersebut nanti pada prinsipnya, study tour masih dimungkinkan namun diimbau pelaksanaanya tetap di area Jawa Barat tidak keluar (daerah),” katanya saat ditemui Kantor Disdik Jabar, Senin (13/5).

BACA JUGA: PLN UP3 Cimahi Edukasi Kepedulian Keselamatan Kelistrikan pada Siswa SMK

Selain diimbau tetap dilaksanakan di wilayah Jabar, dalam surat edaran tersebut juga kata Wahyu, sekolah wajib mengantongi surat kelayakan dari bus yang akan digunakan untuk kegiatan study tour.

“Dengan hal ini kami akan mencoba mengoptimalkan dari sisi keamanan, sehingga pada prinsipnya kami bukan melarang (kegiatan study tour) tapi bagaimana kita lebih menjaga keamanan siswa maupun para guru,” ungkapnya.

“Jadi kita akan melakukan pengawasan dan mengevaluasi setelah adanya surat edaran tersebut. Nah setelah itu, nanti kita juga coba lihat apakah sekolah melaksanakannya sesuai surat edaran atau tidak,” sambungnya.

BACA JUGA: Pernah Miliki Hubungan Kuat, PKS-PDIP Kota Bogor Buka Opsi Bentuk Koalisi Merah Putih

Maka dengan adanya hal ini, Wahyu menghimbau kepada seluruh pihak khususnya satuan pendidikan di lingkungan Disdik Jabar agar tetap menjalani ketentuan sesuai dengan surat edaran.

“Pada prinsipnya surat edaran yang dikeluarkan gubernur (kemarin) intinya sama baik sisi keamanan siswa, tenaga pendidik (guru), itu harus diutamakan dengan cara cek dan ricek tempat tujuan (study tour) dan kondisi kendaraan. Jadi jangan sampai ini (peristiwa di Subang) terjadi lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, pasca terjadinya kecelakan maut yang menewaskan 11 orang siswa rombongan study tour dari SMK Lingga Kencana, Kota Depok, di Ciater, Subang, pada Sabtu, 11 Mei 2024 malam kemarin, kini telah menjadi perhatian sejumlah pihak salah satunya Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Triadi Machmudin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan