Mengenal Gejala Batu Ginjal, Penyakit Parto Patrio Hingga Harus Dioperasi dan Begini Cara Mencegahnya

JABAR EKSPRES – Teka-teki penyakit Parto Patrio hingga harus dilarikan ke UGD dan langsung menjalani operasi pada Selasa(23/4) lalu akhirnya terungkap. Pelawak 53 tahun tersebut ternyata menderita penyakit batu ginjal. Bagaimana gejala dan cara mencegah batu ginjal, bisa kamu dapatkan infonya di sini.

Penyakit parto tersebut diketahui setelah pihak keluarga sekaligus manajernya Amanda Caesa atau Elyn membukanya kepada wartawan pada Senin (6/5).

Parto yang menderita batu ginjal mengalami penurunan kondisi kesehatan hingga harus menjalani operasi, padahal sebelumnya dia masih sempat membawa keluarganya liburan ke Bali.

Kini kondisi Parto sudah mulai membaik, namun masih harus dipantau untuk menjalani pemulihan paska operasi.

Lalu apa sebenarnya penyakit batu ginjal ini, apa penyebab dan bagaimana gejala serta cara mencegahnya, berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga : Bantu Tingkatkan Fungsi Ginjal, Ketahui Manfaat Lain dari Tumbuhan Kumis Kucing

Penyakit batu ginjal terbentuk ketika zat-zat tertentu dalam urin mengkristal dan mengendap, membentuk batu kecil yang kemudian dapat berkembang menjadi batu ginjal yang lebih besar.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya batu ginjal meliputi:

– Konsentrasi Zat

Konsentrasi tinggi kalsium, oksalat, dan asam urat dalam urin dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

– Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan dapat membuat urin menjadi lebih terkonsentrasi, meningkatkan kemungkinan kristalisasi zat-zat dalam urin dan pembentukan batu ginjal.

– Diet Tidak Sehat

Konsumsi tinggi protein, sodium, atau makanan yang kaya oksalat (seperti cokelat, kacang-kacangan, dan bayam) juga dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

– Faktor Genetik

Riwayat keluarga dengan batu ginjal juga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengembangkan kondisi ini.

– Gangguan Metabolik

Beberapa kondisi medis seperti hiperparatiroidisme, penyakit ginjal, atau gangguan metabolik tertentu dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

Baca juga : Tes Sederhana Mendeteksi Ginjal Sehat, Hanya Butuh Satu Alat  Ini

Untuk mencegah pembentukan batu ginjal, ada beberapa langkah yang bisa diambil, diantaranya :

1. Minum Banyak Cairan

Memastikan asupan cairan yang cukup dapat membantu menjaga urin tetap encer, mengurangi kemungkinan kristalisasi zat dalam urin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan