Termasuk Jenis Obat Tradisional, Ini 7 Manfaat Konsumsi Mahkota Dewa

JABAR EKSPRES – Salah satu jenis buah yang dapat bermanfaat sebagai pengobatan yaitu mahkota dewa atau yang memiliki nama latin Phaleria macrocarp, merupakan tumbuhan yang berasal dari Indonesia dan banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara lainnya.

Tumbuhan ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena dianggap memiliki berbagai manfaat kesehatan. Buahnya berwarna oranye dan memiliki bentuk yang menyerupai mahkota, sehingga diberi nama “mahkota dewa”. 

Banyak dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, ketahui apa saja kandungan nutrisi dalam buah mahkota dewa.

Kandungan Nutrisi dalam Mahkota Dewa

  • Fitokimia

Mahkota dewa mengandung berbagai jenis fitokimia, seperti alkaloid, flavonoid, tanin, dan saponin, yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

  • Vitamin dan Mineral

Tumbuhan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin A, kalsium, fosfor, dan zat besi.

  • Asam Lemak

Mahkota dewa juga mengandung asam lemak esensial seperti asam oleat dan linoleat, yang penting untuk kesehatan jantung dan fungsi sistem saraf. 

BACA JUGA: Miliki Warna Merah yang Indah, Ketahui Manfaat Buah Rosella Bagi Kesehatan

  • Serat

Tumbuhan ini mengandung serat makanan yang baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Manfaat Kesehatan Mahkota Dewa

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam mahkota dewa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Fitokimia dan asam lemak sehat dalam mahkota dewa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi peradangan, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan flavonoid dalam mahkota dewa bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit, melawan penuaan dini, dan meningkatkan produksi kolagen.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Serat dalam mahkota dewa membantu meningkatkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus. 

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan dan Ketahui Apa Saja kandungan Nutrisi Didalamnya

  • Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam mahkota dewa memiliki potensi untuk melawan pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko kanker tertentu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan