Rangkaian Bimsik Selesai, Ribuan CJH Asal KBB Siap Diberangkatkan

JABAR EKSPRES – Ribuan calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) dijadwalkan berangkat pada Mei dan Juni 2024 mendatang.

Berdasarkan catatan dari Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Barat, total ada 1.179 jemaah asal KBB yang siap diberangkatkan. Mereka terbagi dalam tiga kelompok terbang (Kloter), yaitu kloter 10 JKS, kloter 46 JKS, dan kloter 54 JKS.

Pemberangkatan tiga Kloter itu dengan waktu berbeda-beda, dengan rincian 2 kloter utuh yakni kloter 10 JKS yang terdiri dari 430 jamaah dan 8 petugas. Rencananya akan berangkat sekitar tanggal 15 Mei 2024. Serta Kloter 46 JKS terdiri dari 432 jamaah dan 8 petugas berangkat tanggal 31 Mei 2024

“Sedangkan kloter 54 JKS akan bergabung dengan kloter dari Kabupaten Karawang dengan jumlah, 317 orang dari KBB dan 8 orang petugas. Rencananya kloter ketiga ini akan diberangkatkan 4 Juli 2024,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat, Tedi Ahmad Junaedi, Selasa (30/4).

BACA JUGA: Putus Akibat Banjir, Pemda KBB Janjikan Percepat Perbaikan Jembatan Anggalaya dan Buterasi Ciketa

Ia menjelaskan, sebelum pemberangkatan, para calon jemaah haji terlebih dahulu mengikuti serangkaian tahapan yang disediakan termasuk bimbingan manasik haji (Bimsik).

Sebelumnya, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat telah menyelenggarakan rangkaian manasik haji yang terdiri dari dua kali bimsik tingkat Kabupaten serta enam kali bimsik tingkat kecamatan.

Pada Senin, 29 April 2024 kemarin, sambung Tedi, menjadi hari terakhir para jemaaj mengikuti rangkaian Bimsik yang dilaksanakan di Masjid Ash-Shidiq, Komplek Pemkab Bandung Barat.

“Kebetulan kemarin terakhir, dan di Kantor Pemda KBB ada miniatur Makkah. Disana para jemaah praktik lapangan,” katanya.

BACA JUGA: Anggaran Pilkada Belum Sepenuhnya Cair, KPU KBB Ungkap Tahapan yang Masih Seret

“Ini merupakan program dari Kementerian Agama, dimana seluruh jamaah haji akan menerima hak bimbingan manasik haji. Di tingkat Kabupaten kita laksanakan di Mesjid Ash Shidiq, dan di tingkat Kecamatan rata-rata dilakukan di masjid besar di masing-masing kecamatan,” sambungnya.

Menutup kegiatan Bimsik secara resmi, Pj Bupati Bandung Barat, Arsan Latif, mengungkapkan beberapa pesan kepada para jamaah haji.

“Berpikirlah cara memanfaatkan waktu selama di tanah suci, fokus untuk beribadah bukan fokus ke hal yang lain,” ujar Arsan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan