KPU Jabar Siapkan Anggaran Rp1,1 Triliun untuk Pilkada 2024

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar) mengaku telah menyiapkan sejumlah anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 nanti.

Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni mengatakan, anggaran yang disiapkan untuk Pilgub 2024 nanti, yakni sebesar Rp1,1 triliun.

“Sejak tanggal 10 November (2023) kemarin kita sudah melakukan penandatanganan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) serentak bersama gubernur dan 27 Kabupaten/kota. Artinya secara anggaran, teman-teman 27 Kabupaten/kota sudah siap, nah hari ini di Jawa Barat Kita punya anggaran total Rp1,1 triliun untuk Pilgub 2024,” ucapnya saat ditemui di Hotel Haris, Kota Bandung, Selasa (30/4).

BACA JUGA: Demokrat Buka Peluang Tokoh Eksternal untuk Bursa Pilkada Jabar 2024

Dari total anggaran Rp1,1 triliun tersebut, Ummi menjelaskan akan dibagikan ke seluruh Kabupaten/kota untuk pelaksanaan Pilgub 2024. Ia menyebut, sekitar 80 persennya, akan diturunkan ke Kabupaten/kota salah satunya untuk honorarium Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK.

“Itu diturunkan kepada Kabupaten/kota karena kita ada cost sharing. Nah cost sharing inu akan melingkupi honorarium PPK, PPS, PPDP, perlengkapan TPS, pembuatan dan operasional TPS, pemutahiran daftar pemilih, kemudian di sekretariatan PPK,” ujarnya.

“Nah 6 item ini yang akan kita turunkan menjadi cost sharing ke Kabupaten/kota. Totalnya dari angka Rp1,1 Triliun (anggaran yang disediakan) sekitar Rp885 jutanya itu turun di Kabupaten/kota. Jadi anggaran Rp1,1 triliun itu tidak tidak berhenti di provinsi, tapi semuanya turun di Kabupaten/kota,” sambungnya.

Meski begitu, Ummi menuturkan ada juga anggaran yang disediakan oleh KPU Kabupaten/Kota.

BACA JUGA: Calon Perseorangan Bisa Maju di Pilkada Jabar, Minimal Harus 2,4 Juta Dukungan

“Ada juga (anggaran yang disediakan), tapi untuk cost sharing yang 6 item itu, mereka (Kabupaten/Kota) tidak boleh menganggarkan, namun mereka bisa menganggarkan di kebutuhan yang lain karena kan pelaksanaannya juga ada Pilgub di sana,” jelasnya.

Untuk diketahui, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 termasuk Pilgub telah dijadwalkan oleh KPU akan berlangsung pada tanggal 27 November 2024 nanti. Sehingga dengan adanya penetapan tersebut, Ummi menyebut, untuk KPU Jabar sendiri saat ini sedang melakukan persiapan perekrutan Badan Adhoc.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan