Masih Penjaringan, PDIP Jabar Buka Peluang Koalisi dengan Semua Parpol

JABAR EKSPRES – Sejumlah partai politik (parpol) di Jawa Barat ancang-ancang menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Salah satunya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jabar.

Partai berlambang kepala banteng itu tengah melakukan penjaringan untuk bursa tokoh yang akan diusung dalam pilkada 2024. Baik pemilihan Gubernur Wakil Gubernur ataupun Bupati Wakil Bupati, serta Wali Kota Wakil Wali Kota di Jabar.

“Ini masih tahap penjaringan. Kota Kabupaten sudah, kini di provinsi,” jelas Bendahara DPD PDIP Jabar, Ineu Purwadewi Sundari, saat ditemui selepas Rapat Paripurna di DPRD Jabar, Selasa (30/4).

Ineu melanjutkan, jumlah kandidat di tingkat kota kabupaten juga tidak sedikit. Makanya akan disaring sesuai kapasitas dan berbagai pertimbangan, termasuk nama-nama yang mencuat dalam bursa Calon Gubernur Jabar.

BACA JUGA: RK Maju di Pilkada Jabar dan DKJ, Sang Istri Maju di Pilkada Kota Bandung

Menurut Ineu, sejumlah nama internal juga mencuat dalam bursa calon gubernur.

“Dilihat nanti apakah akan ada kader internal yang lahir untuk menjadi calon Gubernur atau Wakil Gubernur,” bebernya.

“Dalam kesempatan itu, Ineu juga mengungkapkan bahwa PDIP Jabar masih terbuka untuk menjalin koalisi dengan semua partai politik. Artinya tidak mesti parpol yang satu gerbong saat perebutan kursi presiden dan wakil presiden 2024 lalu. “Kami mulai komunikasi dengan semua parpol. Terutama yang punya kursi di DPRD,” sambungnya.

Pada pemilu Februari lalu, PDIP Jabar berhasil mengantongi 2,9 juta suara atau perolehan 11,59 persen. Perolehan itu menempatkan PDIP sebagai parpol terbanyak keempat di bawah Golkar, PKS, dan Gerindra. Angka yang tidak sedikit untuk bergaining politik dalam membangun koalisi.

Sementara itu DPD PDIP Jabar Ono Surono sempat mengungkapkan sejumlah nama kader internal yang mencuat dalam bursa calon Gubernur Jabar, yakni Ono Surono sendiri, Mantan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Ineu Purwadewi Sundari, TB Hasanuddin, hingga Rieke Diah Pitaloka. (son)

BACA JUGA: Mulyadi Siap Jadi Pendamping RK di Pilkada Jabar

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan