Pj Wali Kota Bandung Lepas Ribuan Calon Haji

JABAR EKSPRES – Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, secara resmi melepas keberangkatan jamaah haji dari Kota Bandung ke Tanah Suci, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Hari ini adalah sebuah tahapan pemberangkatan haji, manasik massal. Total ada 2.517 calon haji yang akan diberangkatkan dan hari ini simbolis pelepasan atau pemberangkatan,” kata Bambang di Masjid Pusdai, Bandung, Selasa.

Bambang berharap agar para jamaah calon haji dari Kota Bandung dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan sehat saat kembali ke Tanah Air. Dia juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan selama proses manasik haji dan pelaksanaan ibadah di tanah suci.

“Jaga kesehatan, ikuti aturan yang ada. Petugas haji banyak, karena bukan hanya saja tujuannya untuk beribadah, tetapi juga membawa nama besar negara kita dan juga Kota Bandung,” kata dia.

Baca juga: 60 Ribu Lebih Jamaah Haji Masuk Daftar Tunggu, Ini Penjelasan Kemenag Kota Bandung

Bambang juga meminta kesabaran kepada calon jamaah haji yang masih menunggu keberangkatan mereka, dengan menjanjikan prioritas bagi warga Kota Bandung yang masuk dalam daftar cadangan.

“Untuk jamaah waiting list atau cadangan untuk diprioritaskan bagi warga Kota Bandung. Tahun sekarang 120 cadangan untuk haji,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Abdurahim, menyatakan bahwa tahun ini sebanyak 2.517 calon haji dari Kota Bandung akan diberangkatkan dalam tujuh kloter.

“Tahun ini Insya Allah, Kota Bandung diberikan kuota sebanyak 2.517 calon haji dan diberangkatkan dalam tujuh kloter,” kata Bambang.

Keberangkatan kloter pertama direncanakan pada 11 Mei 2024, dengan pemberangkatan melalui Bandara Kertajati, Majalengka, dan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

“Dari tanggal 11 Mei kloter pemberangkatan pertama yang berakhir di pekan pertama di bulan Juli dan nanti pada pekan ketiga bulan Juli sudah mulai pemulangan kembali para jamaah haji,” kata dia.

Baca juga: 24 Tahun Mengabdi di Polsek, Tatang CS dapat Surprise dari Polresta Bandung

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan