Sekjen PBB Kutuk Tindakan Pembalasan Israel Ke Iran

JABAR EKSPRES – Serangan balasan Israel ke Iran yang sedang berlangsung dikutuk Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, pernyataan tersebut dikemukakan juru bicara Stephane Dujarric pada Jumat setelah terjadinya serangan yang dilakukan oleh Israel terhadap Iran.

“Sekretaris Jenderal mengutuk setiap tindakan pembalasan dan mengimbau masyarakat internasional untuk bekerja sama mencegah perkembangan lebih lanjut yang dapat menimbulkan konsekuensi buruk bagi seluruh kawasan dan sekitarnya,” kata Dujarric dikutip dari Antara.

Dalam pernyataannya Sekjen PBB,  Stephane Dujarric juga menghimbau masyarakat internasional untuk mencegah eskalasi lebih lanjut.

BACA JUGA: Warga Iran Tak Dengar Apapun, Apakah Serangan Israel Ada?

Diketahui menurut laporan dari sejumlah media Iran, sebelumnya Israel melancarkan serangan udara terhadap Iran di hari yang sama, sebagai balasan atas serangan rudal dan drone Teheran pada akhir pekan.

Ledakan serangan ke Iran dari Israel tersebut dilaporkan terjadi di dekat kota Isfahan.
Sasaran penyerangan itu adalah pangkalan udara dekat Isfahan, hal tersebut di ungkapkan tiga pejabat Iran kepada The New York Times.

Sebelumnya Korps Garda Revolusi Islam Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel dalam serangan langsung pertamanya di wilayah Israel pada Sabtu malam (13/4) lalu.

BACA JUGA: Indonesia dan China Serempak Desak DK PBB

Serangan tersebut terjadi sebagai respons atas serangan udara mematikan Israel terhadap konsulat Iran di ibu kota Suriah pada awal April.

Juru bicara IDF Daniel Hagari mengatakan Israel telah mencegat hingga sebesar 99 persen target udara yang ditembakkan Iran, termasuk semua drone.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan