Jamin Keandalan Pasokan Listrik di Libur Lebaran, PLN UP3 Cimahi Siagakan 211 Petugas dan Peralatan

JABAR EKSPRES – Untuk menjamin keandalan pasokan listrik serta dalam upaya memberikan pelayanan maksimal terhadap pelanggan, PLN UP3 Cimahi menyiagakan petugas serta peralatan yang siap membantu jika terjadi kendala kelistrikan di momen libur dan cuti lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriyah .

Manager PLN UP3 Cimahi, Yusra Helmi mengatakan , pada Ramadan dan Idul Fitri 2024 ini, PLN sudah mendirikan sejumlah Posko Pengamanan Pasokan listrik sejak 3-19 April 2024 dengan tujuan memberikan kenyamanan terhadap masyarakat, khususnya para pelanggan.

Menurutnya, dalam momen sukacita menyambut lebaran tentu listrik menjadi komponen penunjang yang sangat vital bagi seluruh lapisan masyarakat.

”Kami menyadari betul dan seluruh personil maupun peralatan dalam keadaan siaga mengantisipasi adanya peristiwa force majeur yang dapat mengganggu kendalan pasokan listrik,” ungkapnya.

Berdasarkan pengalaman dan data pada tahun-tahun sebelumnya, PLN UP3 Cimahi memprediksi bakal terjadi penurunan beban puncak dengan estimasi menyentuh angka 290 MW dari rata-rata tren beban puncak pada hari biasa yang berada pada angka 291 MW.  Meskipun untuk pemakaian rumah tangga sebenernya akan naik seiring dengan momen libur dan berkumpulnya para keluarga di hari Lebaran.

”Yang menjadi penyebab penurunan itu karena banyak industry dan bisnis yang tutup. Nah disitulah beban puncak turun. Kalau untuk keandalan, kita pastikan tetap prima,” bebernya.

Yusra menyebutkan, pada momen Ramadan serta libur dan cuti lebaran tahun ini, PLN UP3 Cimahi menyiagakan sebanyak 211 petugas pelayanan Teknik, 24 unit mobil dan 18 unit motor, 6 unit gardu bergerak, 3 unit UPS, dan 8 unit genset.

”Kami telah mengecek kondisi petugas yang siaga dan juga peralatan yang disiapkan, kami bisa katakana semua sudah siap untuk melayani seluruh pelanggan PLN UP3 Cimahi yang sebagian besar berada di wilayah Cimahi dan Bandung Barat,” tuturnya.

Selain menyiagakan petugas dan menyiapkan peralatan, PLN UP3 Ciamahi juga menyatakan jika keberadaan sarana pengisian/ charging kendaraan listrik sudah dalam posisi yang siap untuk digunakan para pelanggan. Termasuk digunaka oleh para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

”Secara total terdapat delapan unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang sudah tersebar di beberapa titik penting termasuk setiap Kantor Unit Layanan Pelanggan di wilayah PLN UP3 Cimahi,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan