Informasi Razia Gepeng di Cimahi Bocor, Banyak Sasaran Kabur

JABAR EKSPRES – Disinyalir informasi razia gepeng telah bocor, hal tersebut membuat banyak sasaran razia yang kabur dan bersembunyi, sehingga tidak semua gepeng atau gelandangan yang berhasil ditangkap Satpol PP.

Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP, Kadina menduga adanya kebocoran informasi terkait kegiatan razia yang diinfokan kepada para gelandangan sehingga mereka bersembunyi bahkan kabur.

“Disinyalir kegiatan razia ini sudah bocor dikarenakan banyaknya gelandangan dan pengemis yang bersembunyi,” ucapnya pada Jabar Ekspres belum lama ini.

Pada akhirnya Satpol PP hanya berhasil menjaring sebanyak 45 orang gepeng dalam razia tersebut. Dinas Sosial pun langsung mendata mereka dan memberikan surat pernyataan untuk tidak melakukan kegiatan yang melanggar ketertiban umum.

“Dalam kegiatan razia kali ini kurang lebih didapati ada 45 Gepeng yang terjaring razia,” kata Kadina.

BACA JUGA: Kuota Ritase Kabupaten Bandung Dikabarkan Habis, Penarikan Sampah ke TPAS Sarimukti Sudah Tertunda 4 Hari

“Dilihat dari tugas dan kewenangan Dinsos dan Satpol PP itu pastinya berbeda. Jadi untuk dianggap melanggar ketertiban, keamanan, serta kenyamanan warga ya boleh ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku dan Perdanya kan ada Perda K3 Kota,” tambahnya.

Terkait pelaku yang terlibat dalam razia sebelumnya juga berhasil ditangkap, Kadina mengungkapkan, terdapat sejumlah orang yang merupakan wajah baru, sementara ada pula yang sudah dikenal sebelumnya.

“Yang lama itu biasanya yang bertempat di beberapa lokasi yang sudah beberapa kali kami tindak lanjuti. Nah, muka-muka lama ini sudah pernah kita bina,” tuturnya.

Para gelandangan yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kini menunjukkan perubahan positif. Meskipun awalnya terpaksa turun ke jalan untuk mencari nafkah, namun perlahan-perlahan, mereka mulai menyesuaikan diri dengan keadaan dan semakin memperbaiki perilaku mereka.

“Salah satu tanda perubahan yang signifikan adalah ketika mereka dengan cepat merespons panggilan adzan untuk menunaikan ibadah Sholat. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun berada dalam kondisi sulit, mereka tetap memprioritaskan kewajiban agama mereka,” kata Kadina.

BACA JUGA: Wajib Dijalankan, Ketahui Syarat dan Manfaat Puasa Nadzar

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan