Gerhana Matahari Total 2024 Pertanda Kemunculan Imam Mahdi?

Gerhana matahari parsial terjadi ketika Bumi, bulan, dan matahari tidak sejajar secara sempurna. Bulan hanya menghalangi sebagian kecil matahari. Akan ada dua pada tahun 2025.

Bumi juga bisa berada di antara bulan dan matahari, menciptakan gerhana bulan. Ini bisa diamati sekali atau dua kali setahun.

Seberapa gelapkah selama gerhana?

Di tempat mana pun di sepanjang jalur gerhana, peristiwa tersebut akan berlangsung sekitar dua jam atau lebih.

Peristiwa tersebut akan dimulai dengan gerhana matahari parsial, ketika bulan mengambil sepotong kecil dari tepi matahari, kemudian mengonsumsi lebih banyak lagi permukaannya. Menurut NASA, ini bisa berlangsung dari 70 hingga 80 menit.

Fase gerhana di mana bulan telah sepenuhnya menghalangi permukaan matahari disebut totalitas. Ini adalah satu-satunya waktu peristiwa tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang.

Lama totalitas bervariasi berdasarkan lokasi. Pada bulan April, beberapa tempat akan mengalami fase ini selama lebih dari empat menit; yang lain, hanya satu hingga dua menit.

Selama totalitas, langit akan gelap seperti malam dan suhu akan turun. Serat putih berumbai dari atmosfer luar matahari, atau korona, tiba-tiba akan terlihat. Penonton yang beruntung bahkan mungkin melihat lingkaran merah muda tipis di sekitar tepi bulan. Itu adalah kromosfer, lapisan atmosfer di bawah korona matahari. Warna itu berasal dari keberadaan hidrogen di seluruh lapisan tersebut.

Setelah totalitas, matahari akan perlahan-lahan muncul kembali dari balik bulan — gerhana parsial lain yang akan berlangsung sama lama dengan yang pertama. Bulan akan mundur sampai matahari kembali normal bersinar di langit kita.

Baca juga: Siapa Itu Imam Mahdi ? ini Penjelasanya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan