Penentu Kemenangan Dadang atau Nana Jadi Wali Kota Banjar, Tergantung Wakilnya?

JABAR EKSPRES – Jelang Pilkada Banjar November 2024, nama Dadang Ramdhan Kalyubi selaku Ketua DPD Partai Golkar Kota Banjar dan Nana Suryana sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Banjar kian melambung. Keduanya digadang-gadang menjadi dua sosok kuat yang akan bertarung memperebutkan kursi Wali Kota Banjar periode 2024-2029.

Namun justru, salah satu akademisi di Kota Banjar Dadi Mulyadi mengatakan, yang akan jadi penentu kemenangan persaingan antara Dadang versus Nana jika Pilkada terjadi dua pasangan calon (Paslon) adalah wakilnya atau calon wakil wali kotanya.

“Hasil pencapaian Golkar hari ini (Pemilu ini, Red) mereka percaya diri dengan B1 (Banjar 1 atau cawalkot). Tapi, dengan capaian PDI Perjuangan yang kursinya bertambah jadi 6 di legislatif, pun merasa mampu jadi B1. Tinggal proses penggalangan koalisi serta calon B2-nya dan kekuatan koalisi tergabung yang akan bisa menentukan jadi pemenang,” kata Dadi Mulyadi melalui pesan tertulis kepada Jabar Ekspres, Minggu 17 Maret 2024.

BACA JUGA: Hasil Survei ICRC, Mencuat Tiga Nama Para Kandidat Calon Wali Kota Banjar

Lantas siapa sosok-sosok B2 yang menurut Dadi Mulyadi siap mendampingi Dadang R. Kayubi atau Nana Suryana? Menurutnya, ada beberapa nama yang mengisi bursa calon B2 atau calon wakil wali kota yang saat ini popularitas dan elektabilitasnya sudah cukup tinggi.

“Kandidat kuat untuk menjadi pasangan baik Dadang atau Nana, diantaranya ada Bambang Hidayah mantan Kepala BBWS Citanduy dan Dian Sardiana atau Dian Padud selaku anggota DPRD dari fraksi PKS. Ada juga nama kader terbaik dari Partai PKB Gugun atau Gus Jawad, tidak lupa ada Sudarsono seorang lagislator juga dari Partai Golkar. Namun, potensi 3 paslon untuk Pilkada Kota Banjar bukan hal yang tidak mungkin,” jelasnya.

Sementara itu, menakar kedua nama, yakni Dadang R. Kalyubi yang akrab disapa Dadang Emed dan Nana Suryana yang akrab disapa Nana Enyos, memang keduanya cukup familiar di kalangan masyarakat Kota Banjar. Bahkan di kancah legislatif, nama Dadang R. Kalyubi tercatat sebagai orang yang berhasil menjadi Ketua DPRD Kota Banjar empat periode alias quattrick. Hingga pada Pileg di Pemilu 2024 ini, mantan pebalap nasional moto cross ini konsisten mendapat suara terbanyak di dapilnya, dan partainya pun meraih kursi terbanyak di tiga dapil (se-Kota Banjar). Tentu atas raihan itu, tiket Ketua DPRD Banjar Periode 2024-2029 dipegang Dadang R. Kalyubi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan