Jangan Pakai Motor! Pemda KBB Siapkan Program Mudik Gratis

JABAR EKSPRES – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali membuka program mudik gratis 2024 dengan tajuk ‘Jangan Pakai Motor, Ikut Mudik Gratis’.

Program mudik gratis ini sudah dibuka sejak Jumat, 15 Maret 2024. Melalui program ini, Dinas Perhubungan memberikan kesempatan kepada masyarakat Bandung Barat untuk merayakan Hari Raya Idulfitri 1445 H di kampung halaman dengan menyediakan transportasi yang aman dan terjangkau.

Kepala Dishub Bandung Barat, Fauzan Azima mengatakan, dalam program mudik gratis tahun ini, pihaknya menyediakan 3 bus dengan tujuan mudik Padalarang-Jogja-Solo.

“Kita sudah menyiapkan web resmi http://mudik-gratis.bandungbaratkan.go.id jadi masyarakat yang berminat bisa langsung mendaftar melalui web yang sudah tersedia. Di sana pendaftar tinggal upload KTP dan KK,” kata Fauzan saat dihubungi, Minggu (17/3/2024).

BACA JUGA: Jelang Pilkada, Baliho Balon Bupati Bandung Barat Mulai Bermunculan

Dalam program mudik gratis ini, pihaknya menyediakan 150 kouta mudik. Agenda mudik ini menurut Fauzan untuk meminimalisir pemudik menggunakan sepeda motor karena memiliki tingkat kerawanan paling tinggi dibandingkan kendaraan lain.

“Program ini agenda rutin yang selalu dilakukan tiap Hari Raya Idul Fitri. Kita jaga keselamatan dengan mengurangi mudik memakai kendaraan roda dua,” katanya.

Kendati demikian, Fauzan menjelaskan, terdapat tahapan pendaftaran, tahap pertama pendaftaran online dibuka selama lima hari yakni 15-20 Maret 2024.

Kemudian lanjut dia, para peserta yang sudah mendaftar, diwajibkan kembali melakukan daftar ulang dengan cara datang langsung ke Kantor Dishub KBB yang bertempat di Gedung A Lantai 4 Komplek Perkantoran Pemda Ngamprah atau menghubungi hotline 0855-2072-7167.

“Setelah diverifikasi dan dinyatakan lolos, pemberangkatan akan dilaksanakan pada Sabtu 6 April 2024 di Padalarang,” tandasnya. (Wit)

BACA JUGA: Jaga Daya Produksi, Petani di Cipeundeuy Panen Ribuan Ton Jagung Hibrida

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan