Bacaan Sholawat Farah, Sholawat Kebahagiaan Mengagungkan Rosulullah di Bulan Ramadan

JABAR EKSRPES – Salah satu amalan yang banyak dianjurkan dilakukan saat Ramadan adalah bersholawat. Karena dengan sholawat, kita akan merasa lebih dekat dengan Rosulullah. Salah satu Sholawat terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan bacaan sholawat farah.

Shalawat Farah juga biasa disebut dengan sholawat kebahagiaan, atau dikenal juga dengan shalawat an-Nukmai. Hal ini sebagai nisbat kepada ulama yang menyusun sholawat ini pertama kali, yaitu Syekh Abu Abdullah an-Nu’man.

Beliau merupakan salah satu ulama tersohor pada abad ketiga hijriyah, yang juga merupakan ahli tasawuf.

Baca juga : 6 Sholawat Pembuka Keberkahan, Agar Hidup Lebih Bermakna dan Barokah

Bacaan Sholawat Farah berisi doa dan pujian kepada Nabi Muhammad, sebagai bentuk penghormatan dan pengagungan kepadanya.

Keutamaan Sholawat Farah

Dengan merutinkan membaca sholawat Farah setiap hari disetiap waktu, tentu akan mendapatkan keutamaannya.

Selain bisa mendapatkan pahala, juga akan memiliki jaminan syafaat dari Rasulullah kelak di hari kiamat.

Namun keutamaan yang banyak di cari dari sholawat farah adalah harapan agar bisa bertemu dengan Rosulullah lewat mimpi.

Hal ini karena pembuat dari Sholawat Farah mengaku sering kali berminmpi ketemu Rosululah, bahkan lebih dari 100 kali.

Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasani dalam salah satu kitab karangannya menjelaskan, orang yang istiqamah memperbanyak membaca shalawat ini, akan bermimpi bertemu dengan Rasulullah dan mendapatkan kebahagiaan.

Dalam kitabnya disebutkan,

مَنْ صَلَّى بِهَا فَأَكْثَرَ، رَأَى النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَنَالَ سُرُوْرًا وَنَصْرًا عَزِيْزًا

Artinya, “Barang siapa bershalawat dengan shalawat Farah, kemudian memperbanyak (membacanya), maka akan bermimpi dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, mendapatkan kebahagiaan, dan pertolongan yang kuat (dari Allah).” (Sayyid Muhammad, Syawariqul Anwar min Ad’iyatis Sadatil Akhyar, [Beirut, Darul Kutub Ilmiah: 2010], halaman 207)

Baca juga : Baca Sholawat Busyro 41 Kali Usai Sholat Subuh, Lihat Keajaiban yang Akan Diterima

Berikut Bacaan Sholawat Farah yang pasti keutamaannnya akna bertambah jika dirutinkan dibaca selama bulan Ramadan, karena pahala akan dilipatgandakan.

اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلَّذِيْ مَلَأْتَ قَلْبَهُ مِنْ جَلَالِكَ، وَعَيْنَهُ مِنْ جَمَالِكَ، فَأَصْبَحَ فَرَحَا مُؤَيَّدًا مَنْصُوْرًا، وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

Allahumma shalli ‘ala sayyidina muhammadinil ladzi mala’ta qalbahu min jalalika wa ‘ainahu min jamalika fa ashbaha farahan muayyadan manshuran, wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallim tasliman katsiran

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan