Jadi Primadona saat Bulan Ramadan, Pedagang Kurma Berjejer di Sepanjang Jalan Sriwijaya Cimahi

JABAR EKSPRES – Hari pertama puasa, sejumlah pedagang kurma sudah mulai berjualan di sepanjang Jalan Sriwijaya, Cimahi atau tepatnya di depan Pasar Antri Baru.

Para pedagang menjajakan beragam jenis kurma untuk santapan berbuka puasa. Seperti kurma yang dijual oleh Sumiyati (66) yang menjual tiga jenis kurma dengan harga yang variatif.

“Untuk Kurma Jenis Rabi Hitam, harganya adalah Rp75.000, Kurma Golden seharga Rp50.000, dan Kurma Jenis Lulu Rp90.000. Jadi, kalau membeli yang Lulu seperempat, harganya Rp22,500 ribu,” jelasnya pada Jabar Ekspres, Selasa 12 Maret 2024.

Sumiyati menerangkan, minat konsumen tertinggi terhadap kurma Golden disebabkan oleh kelezatan rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

“Paling sering yang beli jenis ini (Golden) karena lebih lembut, kalau yang hitam rasanya cenderung lebih manis lagi terus perbedaannya bentuknya lebih lonjong,” terang Sumiyati.

BACA JUGA: Dampak dari Program Beras SPHP, Pedagang di Pasar Antri Baru Cimahi Ngeluh Omset Turun 

Dia menjelaskan, Kurma jenis Lulu sering dibeli oleh pembeli sebagai oleh-oleh karena banyak toko Arab yang menjual jenis kurma ini.

“Katanya di Arab sana kurma Lulu lebih laku itu juga katanya gatau benar atau tidaknya, tapi kata masyarakat disini sih begitu,” ucap Sumiyati sembari tertawa.

Sumiyati mulai menjalankan usaha jualan kurma sejak awal bulan puasa. Sejak awal ia berjualan, di tersebut sudah ramai dengan pembeli yang cukup banyak.

“Sebelumnya saya jualan di SMP PGRI 1 Cimahi, jualan jajanan anak sekolah namun saat puasa sekarang ini jualan kurma dulu,” paparnya.

Sumiyati mengatakan, untuk mendapatkan pasokan barangnya, ia membeli kurma dari grosir di Pasar Caringin Bandung.

“Saya mengambil dari grosir di Pasar Caringin Bandung atau Pasar Andir,” bebernya.

Di lokasi lain, Siswanto Adimulyo (45) mulai menjual kurma di Jalan Gandawijaya. Ia mengungkapkan, ini merupakan hari pertamanya berjualan, dengan menyediakan kurma dalam kemasan seperempat kilogram.

“Nah, tadi pagi baru mulai jualan, semoga barokah ya buat bulan puasa ini, semoga bisa laku terus sepanjang bulan Ramadhan,” kata Siswanto.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan