Harga Komoditas Turun di Hari Pertama Ramadan, Pedagang Ngaku Khawatir Harga Melejit Menjelang Lebaran

JABAR EKSPRES– Harga sejumlah komoditas seperti cabai dan bawang mulai turun secara perlahan seiring dengan masuknya hari pertama bulan puasa.

Lina (38), seorang pedagang emperan di Pasar Antri Baru, telah berjualan bahan pokok selama hampir sebelas tahun.

“Saya berdagang eceran ‘ngemper’ di luar pasar, soalnya kalau di dalam kan harus ada uang tambahan untuk iuran jongkonya,” ucapnya pada Jabar Ekspres di samping gerbang Pasar Antri Baru, Selasa 12 Maret 2024.

Lina menyampaikan, harga cabai yang ia jual telah mengalami penurunan. Misalnya, harga Cengek Hijau yang sebelumnya Rp60.000 per kilogram, saat ini turun menjadi Rp50.000 per kilogram.

“Sekarang Alhamdulillah pada turun harganya, tapi itu juga gimana kualitas barangnya, seperti Cengek Domba sekarang turun Rp60.000 per kilo tadinya Rp80.000 per kilo,” jelasnya.

BACA JUGA: Dampak dari Program Beras SPHP, Pedagang di Pasar Antri Baru Cimahi Ngeluh Omset Turun 

Harga bawang merah saat ini mencapai Rp32.000 per kilogram, dengan variasi harga untuk ukuran kecil berkisar antara Rp20.000 hingga Rp24.000 per kilogram. Sementara itu, harga bawang putih telah naik menjadi Rp40.000 per kilogram.

“Tadinya (Bawang Putih) dari distributor itu Rp34.000 atau Rp35.000 sekarang dari sananya Rp36.000,” papar Lina.

“Saya ngambil dari pasar Caringin Bandung jadi mahal itu kan termasuk uang transportasi dari sana kesini,” tambahnya.

Menjelang perayaan Lebaran, kemungkinan besar harga cengek naik hingga mencapai Rp80 per kilogram, sementara saat menyambut tahun baru kemarin, harganya dapat melonjak menjadi Rp. 120.000 per kilogram. Para penjual menyatakan kesulitan menaikkan harga karena khawatir barang mereka tidak laku terjual.

“Kami merasa khawatir untuk menaikkan harga karena takut barang kami tidak laku terjual,” kata Lina.

Lina mengungkapkan, penjualan sangat dipengaruhi oleh kualitas barang. Contohnya, jika panen bawang Brebes di Jawa buruk, harganya akan naik di pasar tempatnya berjualan.

“Tapi kalau biasa-biasa saja yang harga tetap stabil paling naik sedikit saja,” pungkasnya. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan